Wednesday, October 11, 2017

10 Negara Termuda di Dunia

Tags

Penghitungan umur suatu negara ini adalah menggunakan ahri kemerdekaan negara tersebut. Negara-negara ini sebenarnya sudah ada sebelumnya, namun masih menjadi bagian dari wilayah negara lain, atau ada juga satu negara yang pecah menjadi dua negara atau lebih.

Berikut adalah 10 negara termuda di dunia.

10. Bosnia and Herzegovina



Bosnia and Herzegovina adalah salah sau yang merupakan pecahan dari negara Yugoslavia. Negara ini adalah negara yang paling terakhir pisah dari Yoguslavia, tepatnya pada tahun 1992.

9. Slowakia dan 8. Republik Ceko



Slowakia pada awalnya adalah bagian dari negara Cekoslowakia yang berpisah sejak tahun 1993. Berpisahnya kedua negara ini diawalai dengan Revolusi Velvet, sebuah demo damai selama sebulan pada Desember 1989 memprotes aturan satu partai dari partai komunis.

7. Eritrea



Negara kecil di Afrika ini memperoleh kemeredekaannya dari Ethiophia pada 24 Mei 1993 setelah perang saudara selama 30 tahun lamanya. Negara yang beribukota di Asmara ini menggunakan tigas bahasa: bahasa Tigrinya, bahasa Arab, dan bahasa Inggris.

6. Palau



Palau adalah sebuah negara kecil yang berada di kepualauan Pasifik barat yang memeroleh kemerdekaannya pada 1 Oktober 1994 dari Amerika Serikat. Wilayah negara ini cukup dengan wilayah negara Indonesia.

5. Timor Leste



Timor Leste adalah sebuah negara yang awalnya berada di wilayah kekuasaan Indonesia, dan menjadi sebuah provinsi bernama Timor Timur. Pada tanggal 20 Mei 2002, mereka melepaskan diri dari Indonesia dan menjadi negara merdeka sendiri.

4. Montenegro dan 3. Serbia



Pada awalnya kedua negara ini bernama Serbia and Montenegro setelah melepaskan diri dari Yugoslavia. Selanjutnya, pada Juni 2006 barulah kedua negara ini menjadi negara sendiri-sendiri. Montengero beribukota di Pedgorica dan Serbia beribukota di Beograd.

2. Kosovo



Kosovo pada awalnya adalah sebuah provinsi di Serbia, namun secara de facto negara Kosovo telah menjadi negara merdeka sejak 17 Februari 2008. Negara yang beribukota di Pristina ini diakui kemerdekaannya diakui oleh beberapa negara seperti Albania, Amerika Serikat, Britania Raya, Perancis, dan Turki.

1. Sudan Selatan



Sudan Selatan pada awalnya menjadi satu negara dengan Republik Sudan yang merdeka dari Inggris pada 1 januari 1956. Berpisahnya Sudan Selatan ini diawali dengan adanya perang saudara dan diwarnai dengan referendum pada tahun 2011. Sudan Selatan secara resmi menjadi meraih kemerdekaannya pada 9 Juli 2011 dan menjadi anggota PBB pada 14 Juli 2011.

Artikel Terkait

1 komentar so far


EmoticonEmoticon