Friday, September 29, 2017

10 Burung dengan Mahkota Terindah di Dunia

Terdapat banyak sekali jenis burung yang tersebar di seluruh penjuru dunia ini. Dari burung kolibri yang paling kecil sampai burung unta yang paling besar. Burung juga termasuk salah satu hewan yang sering dipelihara, selain karena suara indahnya juga karena tubuh cantiknya.

Di dunia ini ada beberapa burung yang memiliki mahkota indah di atas kepalanya. Berikut ini kami merangkum 10 burung dengan mahkota terindah di dunia.

10. Burung Kakatua Raja



Mahkota atau jambul Burung Kakatua Raja ini akan terlihat indah jika ditegakkan. Burung dengan nama ilmiah Probosciger aterrimus ini memiliki paruh bagian atas yang lebi besar dibanding bagian bawahnya, yang membuat paruh burung ini tidak bisa tertutup rapat.

Burung yang bisa ditemukan di Pulau Papua dan Australia bagian utara ini termasuk burung yang spesies terancam karena penangkapan liar dan berkurangnya habitat hutan tempat tinggal mereka.

9. Burung Puyuh Sengayan



Burung dengan nama ilmiah Rollulus rouloul ini adalh jenis burung yang banyak tersebuar di Asia Tenggara seperti hutan-hutan tropis dataran rendah dan perbukitan di Thailand, Myanmar, semenanjung Melayu, pulau Sumatera dan Kalimantan.

Burung puyuh jantan dewasa jambul tegak seperti bulu sikat berwarna merah. Sementara betinanya memiliki jambul yang lebih pendek berwarna abu-abu.

8. Burung Hoopoe



Burung Hoopoe adalah burung cantik yang bisa ditemukan di seluruh Afrika Utara dan Eurasia. Burung ini juga memiliki memiliki mahkota cantik berwarna oranye dan hitam di setiap ujungnya.

7. Burung Monal Himalaya



Sesuai dengan namanya, burung Monal Himalaya atau dengan nama ilmiah Lophophorus impejanus ini adalah burung endemik Pegunungan Himalaya. Burung yang disebut juga dengan Burung Danphe ini adalah burung nasional negara Nepal.

Burung ini memiliki bulu cantik dengan campuran warna biru metalik, hijau, merah dan ungu. Serta juga memiliki mahkota indah berwarna hijau yang hanya dimiliki burung jantannya.

6. Burung Kakatua Jambul Kuning



Keunikan burung ini adalah warna kuning yang ada di atas kepalanya. Burung ini memiliki warna bulu dominan putih, hanya di bagian jambulnya yang berwarna kuning. Sementara warna hitam hanya terdapat pada paruh dan matanya.



5. Burung Great Blue Turaco



Burung Great Blue Turaco atau biasa disebut juga Burung Kolonvo ini adalah burung yang bisa ditemukan di Afrika Barat. Burung bulu memiliki bulu berwarna hitam dan biru pada mahkotanya, sementara bulu tubuhnya dominan biru, dengan warna putih atau kuning pada bagian bawahnya.

Burung yang bisa tumbuh 72 sampai 76 cm ini biasa diburu oleh masyrakat sekitar untuk dimanfaatkan bulu dan dagingnya.

4. Burung Turaco Guinea



Burung Turaco Guinea berwarna hijau cantik ini biasanya ditemukan hidup di sabana dan hutan di Afrika. Burung yang memakan buah dan bunga ini memiliki bulu berwarna hijau dari kepala sampai dada dan sayap berwarna ungu gelap dari bagian dada, sayap, sampai ke ekor.

3. Burung Royal Flycatcher



Burung Royal Flycatcher ini memiliki mahkota yang sangat indah di atas kepalanya yang berwarna oranye atau merah dengan bintik biru dan hitam. sementara bulu tubuhnya berwarna cokelat dan hitam. Burung yang mendiami hutan lembab ini keberadaannya sudah sangat langka saat ini.

2. Burung Jenjang Mahkota Abu-Abu



Burung Jenjang Mahkota Abu-Abu atau Grey Crowned Crane ini adalah burung yang biasanya ditemukan di savana bagian selatan Gurun Sahara di Afrika. Burung nasional negara Uganda ini memiliki perpaduan warna bulu tubuh yang sangat indah, serta mahkota cantk berwarna keemasan.

1. Burung Mambruk Victoria



Burung Mambruk Victoria atau dengan nama ilmiah Goura victoria ini adalah spesies burung merpati terbesar di dunia. Burung ini umumnya hidup di dataran rendah di Indonesia dan Papua Nugini.

Burung yang pada umumnya berwarna biru keabu-abuan ini memiliki mahkota cantik dengan warna sama dan sedikit warna putih di bagian ujungnya.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon