Tuesday, October 10, 2017

10 Bek Tersubur Sepanjang Sejarah Premier League

Tags


Tugas utama seorang bek adalah menghalau setiap serangan dari pemain-pemain lawan agar lawan tidak bisa membobol gawang. Akan tetapi, seorang bek bisa saja memiliki kesempatan untuk mencetak gol. Biasanya seorang bek mencetak gol melalui skema bola mati, baik melalui tendangan bebas ataupun tendangan pojok.

Di Premier League, yang diklaim sebagai liga terbaik di dunia, banyak bek yang tidak hanya jago meghalau lawan, namun juga piawai dalam mencetak gol. Berikut kami merangkum 10 bek yang paling subur di Premier League versi fourfourtwo.

 

10. Sami Hyypia


Liverpool Echo

Sami Hyypia adalah salah legenda yang akan selalu dikenang dan dihormati oleh para fans Liverpool. Duetnya bersama Jamie Carragher bisa dikatakan sebagai duet bek Liverpool terbaik sampai saat ini.

Selain piawai dalam bertahan, pemain asal Finlandia ini juga cukup produktif dengan catatan 22 gol di kompetisi Premier League.

9. Joleon Lescott


Metro

Lescott adalah seorang bek yang cukup tangguh selama bermain yang pernah bermain di tim elit Premier League seperti Everton dan Manchester City. Saat ini pemain berusia 35 ini berstatus free-agent.

Meski memiliki ceder kambuhan yang sedikit-banyak menghambat kariernya, Lescott telah mencetak 23 gol selama 17 tahun bermain di Premier League.

8. Julian Dicks


Alchetron

Selama aktif bermain, Julian Dicks berposisi sebagai bek kiri. Ia sempat dijuluki sebagai The Terminator karena memiliki permainan yang lugas dan tak kenal kompromi. Pria yang saat ini 49 tahun ini terknela memiliki kemampuan untuk mengeksekusi tendangan bebas dan tendangan penalti.

Selama bermain di Premier League bersama Birmingham City, West Ham United, dan Liverpool, Dicks telah menorehkan 24 gol.

7. William Gallas


Telegraph

Di Premier League, Gallas pernah bermain untuk tiga tim papan atas asal London: Chelsea, Arsenal, dan Tottenham. Di Arsenal, Gallas sempat mendapatkan nomor punggung 10, nomor yang tidak lazim untuk seorang bek tengah.

Selama bermain di tim-tim asal London itu, pemain asal Prancis ini telah 25 kali membobol gawang lawan.

6. Gary Cahill


Chelsea FC

Saat ini, Cahill bermain di Chelsea dan menjadi kapten di sana sebagai suksesor John Terry. Bek tengah ini tercatat pernah memperkuat tiga klub di Premier League: Aston Villa, Bolton Wanderers, dan Chelsea. Dari tiga tim itu, ia berhasil mencetak 27 gol dan 11 assist.

Jumlah gol Cahill tentu masih bisa terus bertambah karena ia masih cukup konsisten bermain di Premir Leage bersama The Blues.



5. Ian Harte


BBC

Ian Harte adalah seorang bek kiri yang mengawali karier profesionalnya bersama Leeds United di tahun 1996. Sebagai seorang kidal, ia sering menggunakan kaki kirinya untuk mengeksekuis tendangan bebas maupun tendangan penalti.

Pemain asal Irlandia ini tercatat telah mencetak 28 gol dan 9 assist selama ia bermain di 238 pertandingan di Premier League.

 

4. Leighton Baines


Sky Sports

Sampai saat ini, emain berusia 32 tahun ini masih aktif bermain untuk Everton. Leighton Baines adalah seorang bek kiri yang dikenal sebagai spesialis bola mati bagi tim yang ia bela. Ia bisa mencetak gol dari tendangan bebas maupun tendangan penalti.

Sampai sejauh ini, pemain yang masih dipercaya sebagai pemain inti di Everton (bahkan dipercaya sebagai kapten) telah mencetak 30 gol di Premier League, ditambah 56 assist.

3. Ian Marshall


Alchetron

Tak mengherankan kalau misalnya ian Marshall bisa mencetak cukup banyak gol, karena selain bisa bermain sebagai bek tengah, ia juga sering bermain di posisi penyerang.

Sepanjang karier sepakbola profesionalnya, pemain yang memulai kerier bersama Everton ini telah mencetak 94 gol dari 411 pertandingan, di mana 33 gol di anatranya ia cetak di kompetisi Premier League.

2. David Unsworth


Alchetron

Pemain yang dijuluki sebagai "Rhino" (badak) ini adalah seorang pemain belakang yang memangg sering bermain dengan mengandalkan fisiknya yang kuat. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah bertinggi 185 cm ini dikenal karena memiliki keunggulan sebagai eksekutor bola mati, terutama dari titik putih.

Pemain yang lama bermain di Everton ini selama kariernya telah mencetak 45 gol (38 golnya di kompetsi Premier League) dan sebagian besar ia cetak untuk Everton. Saat ini, ia menjadi manajer bagi tim U23 Everton yang berkompetisi di Premier League 2.

1. John Terry


Chelsea FC

John Terry hanya membela tiga sepanjang karier sepakbola profesionalnya: Chelsea, Nottingham Forest (sebagai pinjama), dan saat ini ia membela Aston Villa.

Terry adalah bek tengah yang tak hanya tangguh di lini pertahanan, namun juga piawai dalam mencetak gol melalui duel udara dalam situasi bola mati. Total ia telah mencetak 46 gol sejak memulai karier di tahun 1998.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon