Wednesday, October 4, 2017

10 Nama Domain Tertua di Dunia

Tags


Nama domain adalah nama sebuah website atau blog yang digunakan untuk memudahkan pengguna internet, sehingga tiak perlu lagi untuk mengingat sederet angka rumit atau alamat IP ((Internet Protocol Address).

Di era kemajuan internet yang sangat pesat seperti ini, sudah sangat banyak domain yang sudah terdaftarkan. Dari sekian banyak nama domain itu, berikut adalah nama-nama domain komersil yang paling tua di dunia seperti yang dikutip dari domainholdings.com.

10. Bellcore.com



Domain bellcore.com didaftarkan pada tanggal 5 Maret 1986 oleh Bell Communications Research. Saat ini domain bellcore.com sudah tidak aktif karena perusahaan Bellcore telah berganti nama menjadi Telcordia Technologies, dan menjadi anak perusaan telekomuniasi dari Swedia, Ericsson.

9. HP.com


Tech Crunch

HP.com adalah nama domain milik perusahaan teknologi informasi multinasional Bill Hewlett dan Dave Packard. pada tahun 1939. Domain ini masih dipakai sampai sekarang sejak pertama kali didaftarkan pada 3 Maret 1986.

8. SRI.com


SVR

Nama domain sri.com diaftarkan pada tanggal 17 Januari 1986 oleh SRI (Stanford Research Institut). Sampai saat ini, domain sri.com masih aktif dan bisa diakses. SRI adalah lembaga penelitian nirlaba Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1946 dan berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat.

7. Xerox.com


Full HD Pics

Status domain yang didaftarkan pada 9 Januari 1986 ini masih aktif hingga sekarang. Seperti dikutip dari laman Wikipedia, Xerox adalah perusahaan fotokopi pertama di dunia yang berkantor pusat di Amerika Serikat.

6. Northrop.com


Wikimedia

Nama domain tertua keenam yaiut northrop.com yang didaftarkan pada tanggal 7 November 1985. Northrop adalah perusahaan yang memproduksi pesawat terkenal di Amerika Serikat. Status domain sekarang sudah tidak aktif karena di tahun Northrop bergabung dngan Grumman dan membentuk Northrop Grumman Corporation pada tahun 1994.



5. DEC.com



DEC.com didaftarkan pada 30 September 1985 oleh sebuah perusahaan yang menjadi pelopor dalam industri komputer, Digital Equipment Corporation. Sekarang domain ini sudah tidak lagi aktif karena di tahun 1998, DEC telah diakuisisi oleh Compaq dan akhirnya merjer dengan Hewlett-Packard (HP) pada tahun 2002.

4. MCC.com


Wikimedia

Domain MCC.com didaftarkan oleh Microelectronics and Computer Technology Corporation (Microelectronics and Computer Consortium) pada 11 Juli 1985. MCC adalah sebuah konsorsium riset dan pengembangan industri komputer pertama dan salah satu yang terbesar di Amerika Serikat.

3. Think.com


Xerox

Nama domain tertua ketiga adalah think.com yang didaftarkan oleh Thinking Machines Corporation pada tanggal 24 Mei 1985. Domain ini sekarang sudah tidak aktif, karena perusahaannya pun sudah ditutup tahun 1994 karena mengalami kerugian.

2. BBN.com


Wikipedia
BBN.com didaftarkan oleh BBN Technologies pada tanggal 24 April 1985. Status domain ini sekarang tidak aktif lagi, dan akan langsung dialihkan menuju www.raytheon.com. Itu karena perusahaan BBN Technologies beralih menjadi anak perusahaan Raytheon pada ahun 2009.

1. Symbolics.com


Symbolics.com

Symbolics.com adalah nama domain pertama di dunia. Nama domain ini didaftarkan pada 15 Maret 1985 oleh Symbolics Computer Corporation. Meskipun masih aktif, namun domain aslinya sebenarnya sudah terjual ke napkin.com (atau dulunya bernama XF.com) pada tahun 2009.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon