Wednesday, October 4, 2017

10 Bahan Herbal untuk Mengatasi Rambut Rontok


Memiliki rambut yang indah, kuat, dan sehat tentu menjadi dambaan setiap orang. Itu karena rambut bisa dibilang sebagai mahkota, tidak hanya bagi para wanita, melainkan juga bagi para pria. Hanya saya, rambut cukup rentan dengan berbagai masalah seperti ketombe ataupun masalah kerontokan pada rambut.

Ada beberapa cara untuk mengatasai masalah rambut rontok, contohnya adalah dengan mengkonsumsi 10 bahan herbal berikut ini.

1. Lidah Buaya



Lidah memiliki sifat eksfoliate yang bisa bermanfaat untuk mencegah penyumbatan sel-sel kulit mati pada kulit kepala. Apabila sudah demikian, maka kulit kepala akan mendapatkan nutrisi lebih maksimal. Lancarnya pasokan nutrisi ke kulit kepala sangat penting untuk memicu pertumbuhan rambut dan mencegak kerontokan rambut.

2. Bawang Merah



Selain untuk bumbu masakan, bawang merah juga bisa sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok seacra alami. Itu karena bwang merak memiliki kandungan sulfur yang tinggi yang bermanfaat untuk menguatkan folikel rambut , sehingga rambut akan menjadi tetap sehat.

Selain itu, bawang merah juga memiliki senyawa anti-bakteri yang mampu memusnahkan bakteri yang menyebabkan infeksi pada kulit kepala serta kerontokan pada rambut.

3. Bawang Putih



Selain bawang merah, bawang putih juga bisa digunakan sebagai bahan herbal untuk mengatasi rambut rontk. Dengan kandungan sulfur yang sangat tiggi, bawang putih bisa sangat bermanfaat untuj memperkuat sel folikel rambut serta membuat rambut menjadi semakin kuat dan tidak mudah rontok.

Bawang putih juga mengandung anti-bakteri yang mampu melumpuhkan berbagai bakteri yang mengakibatkan infeksi pada kulit kepala.

4. Minyak Kelapa



Minyak kelapa adalah jenis minyak alami paling ampuh yang bsia digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Dengan kandungan asam lauric-nya, minyak kelapa bisa melumpuhkan segala jenis bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan infeksi pada sel folikel rambut.

Minyak kelapa juga akan menjaga kelembaban rambut secara alami sehingga rambut akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok.

5. Minyak Lavender



Selain minyak kelapa, minyak lavender yang notabene biasa digunakan sebagai aromaterapi ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kerontokan pada rambut. Dengan kandungan anti-oksidan yang ada di dalamnya, akan lebih memicu proses tumbuhnya rambut.

Minyak lavender juga mengandung anti-septik yang mampu membaski segala kontaminan yang bisa menyebabkan infeksi pada kulit kepala. Untuk itu, selain bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok, minyak lavender juga bisa diapaki untuk menghilangkan ketombe secara alami.



6. Minyak Zaitun



Minyak zaitu juga meruapakn minyak alami yang bisa bermanfaat sebagai obat untuk mengatasi rambut rontok. Minyak zaitun memiliki kandungan anti-oksidan yang cukup tinggi, serta kandungan vitamin E dan asam lemak tak jenuh yang kesemuanya bisa memberikan nutrisi pada rambut kita dan membuat rambut menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

7. Santan



Selain digunakan sebagai masakan, santan ternayat bisa juga digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Itu karena kandungan asam lemak omega 3-nya yag sangat tinggi. Para ahli sudah sepakat bahwa asam lemak omega 3 sangat berguna untuk mencegah terjadinya kerontokan rambut serta akan menstimulus pertumbuhan ada rambut.

8. Madu



Madu juga meruapakan bahan herbal yang bisa diapaki untuk emnguatkan rambut kita. Madu memang dikenal mengandung anti-bakteri yang bisa membaski bakteri-bakteri yang menyebabakan infeksi pada kulit kepala.

9. Teh Hijau



Mencuci kulit kepala dengan air teh hijau juga merupakan salah satu cara untuk mengatasi rambut rontok secara alami. Teh hijau mengandung anti-oksidan yang sangat tinggi yang bermanfaat untuk mengurangi kerontokan pada rambut dan memicu pertumbuhan rambut.

Selain itu, teh hijau juga mengandung anti-bakteri yang mampu membasmi bakteri yang bisa menyebabkan infeksi pada rambut.

10. Buah Amla



Buah yang juga dikenal dengan nama Indian Gooseberry ini juga merupakan salah satu bahan herbal yang bisa digunakan untuk meguatkan rambut. Itu karena buah amla memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dibandingkan yang lain. Sementara kekurangan vitaminc C bisa mengakibatkan timbulnya kerontokan pada rambut.

Buah amla juga mengandung sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, anti-oksidan, dan eksfoliate yang memiliki kegunaan untuk memperkuat rambut dan menghilangkan bakteri yang bisa mengiritasi sel folikel rambut kita.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon