Friday, October 20, 2017

10 Masjid Terbesar di Dunia

Tags

Masjid adalah tempat ibadah utama bagi umat Islam yang ada di seuruh dunia. Sebagai tempat ibadah, masjid biasanya dihias juga dengan arsitektur yang indah dan memiliki nilai seni tinggi. Masjid juga dibangun dengan luas supaya bisa menampung banyak jamaah. Berikut 10 masjid terbesar yang ada di dunia berdasarkan kapasitas jamaahnya.

10. Masjid Hassan II (Maroko)



Masjid terbesar di Afrika ini terletak di kota Casablanca, Maroko. Masjid yang diberi nama denga nama raja Maroko ini dibangun pada atahun 1980 oleh arsitek asal Prancis, Michel Pinseau. Madjid Hassan II memiliki menara masjid tertinggi dunia, yaitu 210 meter.

Masjid ini memiliki total luas area mencapai 90.000 meter persegi (sembilan hektare) dengan kapasitas bisa menampung sampai 105.000 orang (25.000 di dalam masjid dan 80.000 di pelataran masjidnya.

9. Masjid Faisal (Pakistan)



Masjid Faisal terletak di kaki Bukit Margalla di kota Islamabad, Pakistan. Masjid ini dibangun pertama kali pada tahun 1976 atas bantuan $120 juta dari Kerajaan Arab Saudi.

Masjid ini dirancang oleh arsitek asal Turki bernama Vedat Dalokay, yang terpilih melalui sebuah kompetisi internasional.
Meskipun masjid ini hanya memiliki luas area 5.000 meter persegi (lima hektar), namun masjid ini mampu menampung sampai 74.000 jamaah.

8. Masjid Istiqlal (Indonesia)



Masjid Istiqlal bisa dibilang sebagai masjid kebanggan Indonesia. Masjid terbesar di Asia Tenggara ini terletak di ibukota Jakarta. Bahkan, masjid ini bisa dibilang sebagai masjid Sunni terbesar di dunia setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Masjid ini pertama kali dibangun pada tahun 1978 dengan diarsiteki oleh Frederich Silaban. Masjid yang secara harfiah berarti "Merdeka" ini bisa menampung hingga 200.000 jamaah.

7. Masjid Bara Imambara (India)



Masjid Bara Imambara adalah sebuah masjid syiah yang terletak di Lucknow, India. Masjid terbesar di India ini memiliki kapasitas mencapai 350.000 jamaah.

6. Masjid Imam Reza (Iran)



Masjid yang juga miliki kaum Syiah ini terletak di kota mashha, Iran, yang juga merupakan kompleks makan Imam Reza. Masjid ini memiliki luas area 267.079 meter persegi dan mampu menapung hingga 500.000 jamaah.

OkeStore Theme

5. Masjid Shah (Iran)



Masjid Shah atau dikenal pula dengan nama masjid Imama adalah sebuah masjid Syiah yang berada di kota Isfahan, Iran. Masjid yang dibangun pada masa periode Safawi, di bawah pemerintahan Shah Abbas ini memiliki luas area 19.000 meter persegi dan mampu memuat 700.000 jamaah.

4. Masjid Jamkaran (Iran)



Masjid Jamkaran adalah masjid terbesar yanga da di Iran dan merupakan salah satu masjid utama di kota Qom, Iran---yang mana Qom sendiri adalah kota suci bagi penganut Syiah. Masjid ini mampu menampung hingga 800.000 jamaah.

3. Masjid Imam Ali (Irak)



Masjid Imama Ali adalah sebuah masjid terbesar Syiah yang terletak di najaf, Irak. Nama masjid ini diambil dari nama Ali bin Abi Thalib, yang diyakini penganut Syiah beliau dikuburkan di sini.

Masjid yang selesai dibangun pertama kali pada tahun 977 ini merupakan salah satu situs suci bagi Syiah, dengan kapasitasnya yang mencapai 900.000 jamaah.

2. Masjid Nabawi (Arab Saudi)



Masjid Nabawi adalah masjid yang terletak di kota Madinah dan dibangun langsung oleh Nabi Muhammad. Masjid ini adalah salah satu dari dua tempat suci yang wajib dikunjungi oleh jamaah Haji dan Umrah.

Masjid ini memiliki luas area 384.000 meter persegi (38,4 hektare) dan mampu menampung sampai 1 juta jamaah pada saat musim haji. Masjid ini memiliki 10 minaret (menara masjid) dengan tinggi masing-masing 104 meter.

Salah satu tempat yang paling terkenal di masjid Nabawi adalah Raudhah yang terletak di anatar mimbar dengan rumah (sekarang makam) Nabi Muhammad.

1. Masjidil Haram (Arab Saudi)



Masjidil Haram adalah tempat paling suci bagi umat Islam. Masjid yang terletak di kota Mekkah ini merupakan tujuan utama dalam ibadah haji.

Bangunan utama masjid ini adalah Ka'bah, yaitu bangnan berbentuk kubus yang terletak tepat di tengah Masjidil Haram dan merupakan patokan arah kiblat bagi umat muslim di seluruh dunia.

Masjidil Haram memiliki total luas area mencapai 40 hektare (400.000 meter persegi) dengan kapasitas mencapai 4 juta jamaah. Masjid ini memiliki sembilan menara dengan tinggi masing-masing 89 meter.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon