Thursday, October 19, 2017

10 Laga Uji Coba Teraneh yang Pernah Digelar

Tags

Laga uji coba pra-musim adalah persiapan dari berbagai klub untuk mempersiapkan tim mengarungi musim yang baru. Tidak hanya untuk menjajal kemampuan tim, biasanya ada tujuan komersil juga di balik laga ujicoba itu.

Namun ada juga alasan aneh dibalik digelarnya sebuah pertandingan persahabatan, yang mungkin tak pernah terencana sebelumnya. Beerikut ini 10 laga uji coba teraneh yang pernah digelar.

1. Plymouth Argyle vs Real Madrid (2006)



Kejadian ini bermula ketika di tahun 2006 merencanakan sebuah pemusatan pelatihan pra-musim terakhir di Austria. Akan tetapi, ketika mencari hotel yang bagus untuk mereka tempati, ternyata hotel itu sudah dipesan oleh Plymouth Argyle, sebuah tim yang saat itu berada di kasta kedua sepakbola Inggris.

Setelah melalui perdebatan yang rumit, Plymouth akhirnya sepakat untuk pindah dan mencari hotel baru. Namun Real Madrid yang saat itu masih diasuh oleh Fabio Capello membalas kebaikan mereka dengan menyetujui adanya pertadningan persahabatan.

Ratusan fans Plymouth pun berbondong-bondong datang ke Austria untuk menyaksikan pertandingan bersejarah bagi klub tersebut. Laga itu sendiri berakhir dengan kemenangan tipis 1-0 dari Madrid, melalui gol penalti Julio Baptista.

2. Fluminense U23 vs Exeter City (2014)



Exeter barangkali menjadi tempat yang penting dalam sejarah sepakbola Amerika Selatan. Tim dari divisi bawah sepakbola Inggris itu adalah lawan pertama bagi timnas Brasil di tahun 1914.

Seratus tahun kemudian, tim merah-putih itu kembali diundang ke Estadio das Laranjeiras untuk bermain melawan Fluminense U-23. Pertandingan itu berakhir tanpa gol, dan menjadi pertandingan paling menarik menurut manajer Exeter, Paul Tisdale.

3. Juventus vs Notts County F.C.



Alih-alih mengundang tim-tim besar sebagai pembukaan stadion baru, Juventus justru mengundang tim kasta bawah liga Inggris, Notts County. Bukan tanpa alasan, itu karena Juventus memiliki satu cerita menarik di masa silam dengan The Magpies.

Pada tahun 1903, raksasa Italia itu mengubah warna jersey mereka dari pink menjadi putih-hitam atas saran dari seorang penggemar Notts County bernama John Savage. Dan sampai sekarang pun, baik Juventus maupun Notts County masih memakai jersey dengan warna yang sama.

Pertandingan yang merupakan pembukaan bagi stadion Juventus Arena ini berakhir dengan hasil imbang Juventus 1-1.

4. Bamber Bridge vs Rep. Ceko



Timnas Republik Ceko adalah kuda hitam yang di Piala eropa 1999, di mana tim yang tidak diunggulkan itu berhasil mengalahkan tim-tim kuat semisal Italia, Portugal, dan Prancis untuk menempati peringkat kedua turnamen.

Ada satu yang unik, dalam perjalanan mereka sebelum pergi ke Euro. Mereka melakoni laga uji coba acak melawan Bamber Bridge, sebuah tim yang berlaga di kasta bawah sepakbola Inggris.

Pertandingan itu dijadikan sebagai hiburan atas tidak bisanya mereka promosi karena gagal verifikasi. Dalam pertandingan di musim panas yang disaksika 2.300 penonton itu berakhir dengan kekalahan tim kandang dengan skor 9-1.

5. Aylesbury United vs Inggris



Timnas Rep. Ceko bukanlah negara pertama yang harus behadapan dengan tim papan bawah. Delapan tahun sebelum itu, Bobby Robson dkk beruji coba dengan tim kasta bawah, Aylesbury United.

Saat itu, pasukan The Three Lions menampilkan pemain-pemain utama seperti Gary Lineker, Chris Waddle, dan John Barnes. DI depan 6.031 penonton itu, mereka menang 7-0.

Lapax Theme

6. Leeds United vs FC Gherdeina (2014)



Ketika baru saja diakuisisi oleh Massimo Cellino pada musim panas tahun 2014, Leeds melakoni tur pra musim di Itlaia. Tetapi, bukannya menghadapi Juventus atau Roma, mereka justru berlatih tanding dengan sebuah tim amatir, FC Gherdenia.

Pada pertandingan itu, Matt Smith mencetak enam gol pada kemenangan 16-0 tim yang saat itu dimanajeri oleh David Hockaday.

7. Histon FC vs Real Sociedad (2013)



Setelah tidak jadi melawan Tottenham U-21, Real Sociedad mengalihkan pertandingan pra-musimnya dengan menghadapi tim kecil yang baru saja terdegradasi dari Conference North Histon FC.

Real Sociedad yang saat ini melakukan persiapan untuk mengarungi La Liga sekaigus Liga Champions berhasil memenangkan pertandingan dengan skor akhir 8-1. Sesuai pertangingan, penyerang Sociedad asal Meksiko, Carlos Vela melampiaskan kekesalannya di twitter tentang pertandingan itu.

8. Shamrock Rovers vs Real Madrid (2009)



Pertandingan itu digelar atas undaangan pihak Shamrock sebagai peresmian stadion baru mereka, Tallaght Stadium. Pertandingan itu juga sebagai debut Cristiano Ronaldo bersama Madrid setelah ditarnsfer dari Manchester United.

Pertandingan itu berakhir dengan skor tipis 1-0 untuk kemenangan Real Madrid melalui gol Karim Benzema.

9. Leeds United vs Leeds United (2014)



Masih pada tur pra-musim yang sama setelah Leeds diambil alih ole Cellino, setelah menang 16-0 atas Ghardenia, mereka direncanakan bertanding melawan tim asal Rumania, Viitorul Constanta. Akan tetapi pertandingan itu gagal terlaksana.

Untuk menenangkan para fans yang mulai meninggalkan stadion, anak-anak asuhan David Hockaday itu memutuskan untuk membagi tim menjadi dua dan saling bertanding satu sama lain.

10. Valencia Mestalla vs Pontypridd Town (2014)



Pontypridd Town adalah tim divisi bawah as Wales yang entah bagaimana bisa mendapat kesempatan untuk bertanding dengan tim reserves La Liga, Valencia Mestalla.

Pertandingan iut berakhir dengan kemenangan 3-0 untuk kemenangan Valencia Mestalla. Tidak berakhir sampai di situ saja, di tahun 2015 mereka kembali bisa mendapat kesempatan untuk mengahadapi tim reserves La Liga lagi, kali ini Deportivo La Coruna yang dihadapi.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon