Monday, October 9, 2017

10 Gurun Terluas di Dunia

Tags


Gurun adalah padang luas tandus yang tidak banyak dihuni binatang maupun ditumbuhi tetumbuhan. Diperkirakan bahwa satu pertiga daratan yang ada di bumi ini adalah berupa gurun.

Gurun yang ada tidak hanya berupa gurun pasir, berdasarkan letak geografis, gurun terdiri dari Gurun Pantai Dingin (Cool Coastal Deserts), Gurun Musim Dingin (Cold Winter Deserts), Gurun Kutub (Polar Deserts), dan Gurun Subtropis (Subtropical Deserts). Berikut 10 daftar gurun terluas di dunia.

10. Gurun Great Basin


Gurun Terluas di Dunia

Gurun Great Basin adalah gurun musim dingin yang terletak di antara Sierra Nevada dan Wasatch Range. gurun terbesar di Amerika Serikat ini memiliki luas 492.000 km2. Gurun ini membentang di sebagian besar negara vagian Nevada, meluas sampai ke barat Utah, California timur dan Idaho

9. Gurun Suriah


Gurun Terluas di Dunia

Gurun Suriah atau biasa dikenal pula sebagai Hamad adalah sebuah gurun pasir dengan luas 520.000 km2 yang membentang di bagian tenggara Suriah, timur laur Yordania, utara Arab Saudi, dan bagian barat Irak.

8. Gurun Great Victoria


Gurun Terluas di Dunia

Gurun Great Victoria adalah gurun terbesar yang ada di Australia. Gurun dengan banyak bukit berpasir ini membentang dari Pegunungan Gawler Australia Selatan hingga ke wilayah Goldfields Timur di Australia Barat.

Selama musim dingin, suhu di gurun subtropis ini bisa turun menjadi sekitar 20 derajat celcius, sementara selama musim panas suhu berkisar antara 32-40 derajat celsius.

7. Gurun Patagonia


Gurun Terluas di Dunia

Gurun Patagonia adalah gurun terbesar yang ada di Argentina yang memiliki luas 670.000 km2. Gurun ini dibatasi oleh Samudera Atlantik di timur dan Pegunungan Andes di barat.

Gurun musim dingin ini memiliki suhu yang jarang melebihi 12 derajat celcius, dan rata-rata hanya 3 derajat celsius. Gurun ini relatif berangin karena turunnya udara pegunungan dan efek bayangan hujan.

6. Gurun Kalahari


Gurun Terluas di Dunia

Gurun Kalahari adalah sebuah gurun yang terletak di bagian selatan benua Afrika, yang sebgian besarnya terletak di Botswana, serta Namibia dan Afrika selatan. Gurun subtropis ini memiliki luas sekitar 900.000 km2.

Nama Kalahari sendiri berasal dari bahasa Tswana, Kgalagadi, yang memilki arti "tempat tak berair".



5. Gurun Gobi


Gurun Terluas di Dunia

Gurun Gobi adalah sebuah gurun besar yang terletak di barat laut dan utara Tiongkok serta bagian selatan Mongolia. Nama Gobi dalam Bahasa Mongolia diartikan sebagai "sangat besar dan kering". Gurun ini memiliki luas mencapai sekitar 1.300.000 km2. Sebagian besar permukaan Gurun Gobi tidak berpasir, melainkan terbuka dengan batu gundul.

4. Gurun Arab


Gurun Terluas di Dunia

Gurun Arab adalah gurun subtropis yang memiliki luas 2.330.000 km2. Gurun terbesar di Asia ini membentang di beberapa negara di Semenanjung Arab seperti Yordania, Irak, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Yaman.

3. Gurun Sahara


Gurun Terluas di Dunia

Gurun Sahara adalah gurun pasir terluas di dunia yang sebagian besar terletak di Afrika Utara. Gurun dengan luas 9.100.000 km2 ini membentang di berbagai negara di wilayah Afrika Utara (Aljazair, Chad, Mesir, Libya, Maroko, Sudan, Tunisia dan Western Sahara), Afrika Timur (Eritrea), dan Afrika Barat (Mali, Mauritania, dan Niger).

Bagian tengah padang pasir ini disebut sebagai "hyper-rid", dan tidak ada vegetasi yang tumbuh di sana akibat hujan yang hampir tidak ada sama sekali. Sebagian besar sungai berselang dan musimankecuali Sungai Nil yang merupakan sungai utama di seberang padang pasir.

2. Gurun Arktik


Gurun Terluas di Dunia

Gurun Arktik adalah gurun musim dingin seluas 13.726.937 km2 yang terletak di bagian utara bumi. Gurun ini meliputi Alaska, Kanada, Greenland, Islandia, Norwegia, Swedia, Finlandia, dan Rusia.

Gurun Arktik sangat rentan terhadap perubahan iklim. Akibat pemanasan global, es semakin berkurang dan berdampak besar pada pola cuaca secara global.

1. Gurun Antartika


Gurun Terluas di Dunia

Gurun Antartika adalah sebuah gurun es yang terletak di Kutub Selatan. Gurun dengan luas 13.829.430 km2 ini adalah benua terkering, berangin, dan terdingin di bumi, sementara juga memiliki ketinggian rata-rata tertinggi dibandingkan dengan benua lain.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon