Friday, October 6, 2017

10 Negara Paling Kaya di Dunia

Tags


Sebagian besar orang pasti akan mengira negara terkaya di dunia adalah Amerika Serikat. Tidak sepenuhnya salah karena di negeri ini muncul banyak tokoh-tokoh yang menjadi orang terkaya di dunia seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, Steve Jobbs, dll.

Namun, untuk menentukan kekayaan suatu negara adalah dengan menlihat rata-rata pendapatan dalam suatu negara dalam satu periode tertentu atau istilahnya Gross Domestic Product (GDP) atau pendapatan domestik bruto (PDB).

Negara-negara kecil mendominasi daftar ini karena, sebagian besar negara ini sangat bergantung pada peker imigran yang sering tidak tinggal di negara tersebut atau tidak diberi status penduduk. Oleh karena itu tidak dihitung dalam perhitungan PDB per kapita.

Berikut adalah 10 negara terkaya di dunia tahun 2017 versi Global Finance Magazine.

10. San Marino — GDP per capita: $64,443 (Rp870 juta)



San Marino adalah sebuah negara kecil yang wilayahnya dikelilingi oleh Italia. Negara republik konstisuional tertua di dunia ini dibentuk pada 3 September 301 oleh Santo Marinus.

Perekonomian San Marino didominasi oleh bidang perbankan, industri pakaian, elektronik, keramik, ubin, furniture, cat, serta produk pertanian seperti anggur dan keju.

9. Uni Emirat Arab — GDP per capita: $67,696 (Rp914 juta)



Uni Emirat Arab adalah sebuah negara di semenanjung Arab yang merupakan persatuan dari tujuh emirat yang ada. Negara yang beribukota di Abu Dhabi ini merupakan tempat berdirinya bangunan tertinggi di dunia saat ini, Burj Khalifa.

Perekonomian United Emirat Arab sebagian besar bersumber dari minyak dan gas. Bahkan UEA adalah penghasil minyak terbesar ketiga di kawasan teluk, di bawah Arab Saudi dan Iran.

8. Norwegia — GDP per capita: $69,296 (Rp936 juta)



Norwegia adalah salah satu negara di Semenanjung Skandinavia yang beribukotakan di Oslo. Negara ini dipimpin oleh seorang raja bernama Harald V.

Negara ini merupakan penghasil minyak bumi, gas alam, mineral, dan makanan laut. Sejak ditemukan pada tahun 1960-an, Norwegia menjadi salah satu negara yang memiliki cadangan minyak bumi dan gas alam tertinggi di dunia.

7. Irlandia — GDP per capita: $69,374 (Rp937 juta)



Republik Irlandia adalah sebuah negara yang terletak di barat laut Eropa, berdekatan dengan Inggris Raya. Perekonomia negara yang beribukota di Dublin ini banyak bersumber dari sekotr industri seperti industri farmasi, teknologi komunikasi dan informasi, permesinan, teknologi medis, dll.

6. Kuwait — GDP per capita: $71,263 (Rp962 juta)



Kuwait adalah negara yang terletak di pesisir Teluk Persia yang memiliki ibukota sama dengan nama negaranya, Kuwait. Sama seperti halnya negeri-negeri Arab yang lainnya, sumber utama perekonomian di Kuwait bersumber dari minyak bumi yang ditemukan sejak tahun 1938.

5. Brunei Darussalam — GDP per capita: $79,710 (Rp1,07 miliar)



Brunei Darussalam adalah sebuah negara kecil yang berada di sebelah utara Pulau Kalimantan. Negara dengan sistem pemerintahan monarki absolut ini dipimpin oleh seorang sultan bernama Hassanal Bolkiah.

Sumber perekonomian negara kecil ini sebagian besarnya dari minyak bumi dan gas alam. Selain itu, pemerintah Brunei juga mencoba untuk meningkatkan sumber-sumber ekonomi lainnya seperti bidang industri dan perdagangan.

4. Singapura — GDP per capita: $87,082 (Rp1,18 miliar)



Singapura adalah negara kecil yang terletak di antara Indonesia dan Malaysia. Dengan luas wilayah yang hanya 716 km persegi, jumlah penduduknya mencapai 5.535.000. Ini menjadikan SIngapura sebagai negara terpadat kedua di bawah Monako.

Perekonomian Singapura banyak bersumber dari bidang manufaktur, sektor industri elektronik, pengolahan minyak bumi, bahan kimia, teknik mekanik, dan ilmu biomedis. Seperti yang tertuli di Wikipedia, Ekonomi Singapura merupakan salah satu yang paling terbuka di dunia, korupsi terendah ke-7, paling pro-bisnis, dan pajak yang rendah.

3. Makau — GDP per capita: $96,147 (Rp1,30 miliar)



Makau adalah sebuah negara dengan status Daerah Administratif Khusus yang masih menjadi bagian dari negara Tiongkok. Perekonomian Makau sebagian besarnya didapat dari sektor pariwisata.

Selain itu, sumber ekonomi Makau bersumber dari manufaktur tekstil dan garmen ekspor, perbankan dan jasa keuangan lainnya. Industri pakaian telah menyediakan sekitar tiga perempat pendapatan ekspor, dan industri perhotelan, pariwisata dan perhotelan diperkirakan menyumbang lebih dari 50% pendapatan per kapita Makau.

2. Luksemburg — GDP per capita: $101,936 (Rp1,37 miliar)



Luksemburg adalah sebuah negara kecil dengan sistem pemerintahan monarki konstitusional yang yang dikepalai oleh seorang Grand Duke atau Haryapatih.

Perekonomian di Luksemburg didominasi oleh industri baja, serta industri-industri lain seperti karet, kimia, dll. Dalam sepuluh tahun terakhir, sektor perbankan mulai tumbuh. Negara dengan luas wilayah 2.586 km persegi ini adalah negara terkaya di Eropa.

1. Qatar — GDP per capita: $129,726 (Rp1,75 miliar)



Qatar adalah sebuah negara monarki absolut di semenanjung Arab dengan perkembangan ekonomi yang sangat pesat. Negara ini juga memiliki indeks pembangunan manusia sangat tinggi dan paling baik diantara negara Arab lainnya.

Sama seperti halnya negara-negara jazirah Arab lainnya, sumber utama perekonomia mereka bersumber dari minyak bumi dan gas alam yang ditemukan sejak tahun 1940.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon