Thursday, October 5, 2017

10 Kiper Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Masa

Tags

Tugas utama seorang kiper adalah menjaga gawangnya agar tidak kebobolan dalam suatu pertandingan. Namun, selain piawai dalam menjaga gawang, ada juga kiper-kiper di seluruh dunia yang bisa mencetak gol.

Tidak hanya satu-dua, bahkan sampai ada yang mencetak lebih dari seratus gol. Jumlah yang fantastis untuk ukuran penjaga gawang. Untuk itu, berikut 10 kiper pencetak gol terbanyak sepanjang masa.

10. Misael Alfaro (31 Gol)


Wikipedia

Misael Alfaro adalah penjaga gawang yang berasal dari El Salvador yang total telah mencetak sebanyak 31 gol (11 di antaranya melalui titik putih). Setelah pensiun di tahun 2010 bersama Isidro Metapán, kini ia menjadi asisten manajer di sana.

9. Hans-Jörg Butt (32 Gol)


IMDb

Hans-Jörg Butt adalah pesepakbola asal Jerman yang lahir 28 Mei 1974. Ia total telah mencetak 32 gol selama kariernya, membuat namanya masuk rekor sebagai kiper pencetak terbanyak di Bundesliga.

Kesemua gol yang dicetak Butt adalah melalui tendangan penalti, yang sebagian besar dicetaknya ketika masih membela Hamburger SV (19 gol). Ia gantung sepatu pada tahun 2012 bersama Bayern Munich.

8. Jorge Campos (34 Gol)


Azteca Deportes

Seluruh karier Jorge campos tidaklah hanya menjadi kiper, karena ia juga pernah menjadi seorang striker. Kiper yang suka mengenakan kostum berwarna terang dan meriah ini mencetak 31 dari 34 golnya untuk tim pertamanya Pumas UNAM.

Sebagai kiper, ia adalah penjaga gawang terpendek di dunia, karena hanya memiliki tinggi 168 cm. Pemain yang kini berusia 50 tahun ini memiliki 130 caps bersama timnas Meksiko dan juga pernah menjadi asisten pelatih timnas selama periode 2004 sampai 2006.

7. Márcio (34 Gol)


Diario do Nordeste

Márcio Luiz Silva Lopes Santos Souza atau biasa dipanggil dengan Márcio, adalah kiper yang berasal dari Brasil berusia 26 tahun. Marcio diketahui telah mencetak sebanyak 34 gol sepanjang kariernya.

6. Fernando Patterson (35 Gol)



Fernando Patterson adalah kiper asal Kosta Rika kelahiran 11 Februari 1970 (47 tahun). Ia lebih banyak menghabiskan karier sepakbolanya di Guatemala, sampai memutuskan pensiun tahun 2013 bersama Xelaju, salah satu tim asal Guatemala,

Patterson secara total mencetak 35 sepanjang 35 tahun kariernya, di mana sebagian besar gol dicetaknya untuk Xelaju.



5. Dimitar Ivankov (42 Gol)


Alchetron

Dimitar Ivankov adalah seorang kiper asal Bulgaria kelahiran 30 October 1975 ini telah mencetak 42 gol sepanjang karier profesionalnya sebagai kiper. Dari ke-42 gol, semuanya ia cetak melalui tendangan penalti.

4. Johnny Vegas Fernández (45 Gol)


Alchetron

Penjaga gawang asal Peru kelahiran 9 Februari 1976 ini total telah mencetak gol sepanjang 30 tahun kariernya sebagai kiper. Johnny Vegas mencetak sebagian besar golnya (20 gol) untuk tim pertama yang ia bela, Sport Boys.

3. René Higuita (48 Gol)


Diez.hn

Penjaga gawang yang terkenal dengan tendangan kalajengking atau scorpion kick ini total telah mencetak 41 gol sepanjang kariernya. Untuk timnas Kolobia, kiper kelahiran 27 August 1966 ini berhasil mencetak tiga gol. Saat ini, Rene Higuita menjadi pelatih kiper di tim Atletico Nacional.

2. José Luis Chilavert (67 Gol)


FIFA.com

Di urutan kedua ini ada penjaga gawang legendaris asal Paraguay, José Luis Chilavert. Kiper yang dijuluki sebagai El Buldog ini memang sering mengenakan kostum bergambarkan kartun buldog.

Chilavert memegang rekor sebagai kiper yang menceak terbanyak di pentas internasional dengan delapan gol. Dan ia juga satu-satunya yang pernah mencetak tiga gol dalam satu pertandingan (hattrick).

1. Rogério Ceni (131 Gol)


Eurosport

Inilah kiper yang bisa mencetak gol paling banyak sampai saat ini. 131 golnya bahkan mengungguli pemain non-kiper seperti Andrea Pirlo, Patrick Vieira, atau bahkan Roberto Carlos.

Rogerio Ceni yang pensiun pada 2015 lalu ini total mencetak 131 gol, 61 gol dari tendangan bebas dan 69 dari tendangan penalti. Dan semua golnya itu hanya ia persembahkan untuk Sao Paulo yang memang menjadi satu-satunya klub yang ia bela sejak awal kariernya di tahun 1992 dengan mencatatkan 1237 pertandingan.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon