Thursday, October 5, 2017

10 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau Kaki

Bau kaki merupakan salah satu masalah yang mungkin tampak sepele namun bisa menjadi sangat mengganggu keseharian kita. Masalah bau pada kaki ini bisa membuat kepercayaan diri Anda akan menurun dan malu untuk berada di dekat orang lain.

Untuk mengatasi masalah bau yang menyegat pada kaki, Anda bisa menggunakan bahan-bahan sederhana yang mungkin saja Anda miliki di dapur Anda. Berikut 10 bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau pada kaki.

1. Teh



Teh bisa digunakan untuk memengatasi bau pad kaki karena teh mengandung senyawa anti-bakteri yang memiliki kemampuan untuk mengurangi tumbuhnya bakteri yang erupakan penyebab bau yang mendiami kulit kaki. Merendam kaki dengan larutan teh setiap hari dipercaya bisa mengurnagi produksi keringat berlebih pad kaki.

2. Cuka apel



Cuka apel juga terbukti memiliki kandungan senyawa anti-bakteri yang bisa meghilangkan bau pada kaki. Beberapa jenis bakteri yang suka tinggal pada kulit kaki ini diketahui tidak tahan dengan kadnungan asam pad cuka apel.

Akan tetapi, setelah mengunakan larutan cuka, kaki Anda akan berbau asam, dan untuk menghilangkannya bisa mengoleskan lotion atau minyak essens.

3. Minyak lavender



Selain memiliki aroma harum yang khas, minyak lavender juga memiliki kandungan senawa essence oil dan anti-bakteri yang bisa mengatasi pertumbuhan bakteri dan menghilangkan bau pada kaki yang mengganggu. Dengan minyak lavender ini, kaki juga aakan teras lebih rileks dan santai sehingga akan menghambat pertumbuhan keringat secara berlebih.

4. Baking soda



Baking soda memang cukup terkenal sebagai bahan yang basa dipakai untuk mengatasi bau pada kaki. Di dalam baking soda terkadnung senyawa yang bisa menciptakan alkalin pada kaki, di mana tidak semua bakteri bisa tahan dengan suasana alkalin atau basa.

Selain itu juga sodium bikarbonar yang terkadnung dalam baking soda juga mampu mentralkan pH atau keasaman keringat, sehingga mempu menghambat aktifitas bakteri yang bisa menyebabkan masalah bau pada kaki.

5. Jahe



Jahe memang terkenal sebagai tanaman serbaguna dan memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia, termasuk pula untuk masalah bau pada kaki ini. Jahe mampu mengatasi masalah bau pad kaki karena memiliki kandungan berbagai senyawa aktif yang bisa mengerluarkan toksin dari dalam tubuh kita.

Peneliti dari Jerman juga membuktikan bahwa jahe ini bisa dapat merangsang kelenjar keringat untuk mengeluarkan proten yang dikenal sebagai dermaicidn Proten ini berfungsi sebagai disinfektan yang dapat mencegah tumvuhnya mikroba atau bekteri pada kaki.



6. Minyak kelapa



Minyak kelapa juga memiliki kandungan senyawa anti-bakteri seperti asam laurat yang memiliki kemampuan utnuk menghambat dan membubuh bakteri yang menyebabkan bau pada kaki. Selain itu, minyak kelapa juga bisa menjaga kesehatan dan kelembabannya kulit.

7. Cengkeh



Rempah yang biasa digunakan sebagai salah satu bumbu maasakan ini juga bisa memiliki kegunaan untuk mengatasi bau pada kaki. Cengkeh mengandung senyawa anti-septik dan anti-inflamasi yang berguna untuk membunuh bakteri yang terdapat pada permukaan kulit.

Cengkeh juga mengandung senywa eugenol yang memberikan aroma harum yang khas pad kulit kaki kita sehingga sangat ampuh untuk menghilangkan bau yang ada pada kaki.

8. Daun sage



Daun yang satu ini memang biasa digunakan sebagai bahan untuk ppengobatan herbal. Daun sage memiliki kandungan berbagai senyawa aktif seperti senyawa anti-bakteri dan anti-inflamasi yang dikenal sebagai senyawa yang bisa mengatasi membunuh bakteri dan menghilangkan bau pada kaki.

Daun sage juga juga mengandung senyawa tannin yang memiliki kegunaan untuk mengurangi produksi berlebih kerigat dan membuatnya menjadi netral.

9. Garam epsom



Pada dasarnya, secara alami keringat yang ada dalam tubuh kita mengandung garam, ternyata menggunakan larutan air garam (khusunya garam epsom) bisa juga mengatasi masalah bau pada kaki.

10. Lobak



Lobak memiliki kandungan berbagai senyawa aktid yang ampuh mengatasi masalah bau kaki, di antaranya vitamin B, fosfor, zink dan vitamin C. Lobak juga memiliki senyawa anti-bakteri yang bisa menghambat aktifitas bakteri yang menyebabkan bau yang menempel pada kulit kaki.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon