Wednesday, April 19, 2017

10 Pemain Keturunan Indonesia yang Mendunia

Tags

Beberapa waktu lalu, Kemenpora merilis daftar 24 pemain yang memiliki darah Indonesia. Apabila kita melihat kembali, ketika naturalisasi masih belum dilakukan oleh Indonesia, ada banyak pemain-pemain top dunia yang bila ditelusuri ternyata mempunyai darah Indonesia. Dan berikut adalah 10 pemain keturunan Indonesia yang sudah terkenal di dunia.


10. Kenny Tete


Kenny Tete
Metro

Nama Kenny Tete mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian orang Indonesia. Tetapi beberapa waktu lalu namanya masuk dalam daftar 24 pemain keturunan Indonesia di Belanda yang dirilis Kemenpora, meskipun tampaknya pemain 21 tahun itu tidak bisa dinaturalisasi karena ia sudah pernah membela timnas senior Belanda.

Kenny Tete mendapat darah Indonesia dari sang ibu. Sementara ayahnya, Miguel Tete, adalah mantan juara kickboxing kelas berat yang berasal dari Mozambik.

Di musim ini, bersama Ajax Amsterdam, pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini baru empat kali bermain di Eredivisie karena kalah bersaing dengan Joel Veltman.

9. Jairo Riedewald


Football Oranje
Football Oranje

Nama pemain Ajax ini juga terdapat dalam daftar pemain yang dirilis Kemenpora, meskipun ia juga tampaknya tidak bisa dinaturalisasi oleh PSSI, karena sudah memiliki tiga caps bersama timnas senior Belanda.

Pemain kelahiran Harlem ini memiliki keturunan Indonesia dari ibunya, yang merupakan keturunan Belanda-Indonesia. Sementara ayah Riedewald berasal dari Suriname.

Bersama Ajax di Eredivisie musim ini, pemain 20 tahun ini telah bermain sebanyak 14 kali dan 27 kali di semua kompetisi yang diikuti oleh Ajax.

8. Demy de Zeeuw


Demy de Zeeuw
Dailymail

Demy de Zeeuw terakhir bermain bersama NAC Breda dan telah memutuskan untuk gantung sepatu di akhir musim lalu, di usia 32 tahun. Gelandang kelahiran Apeldoorn ini tercatat memiliki 27 caps bersama tim nasional Belanda dari tahun 2007 sampai 2010.

Pemain ini dipercaya memiliki darah Indonesia dari sang ibu yang berasal dari Maluku.


7. Michael Mols


Michael Mols
Sunday Post

Michael Mols adalah mantan pesepakbola yang tercatat pernah membela tim-tim papan atas Belanda seperti Ajax, Twente dan Feyenoord. Total, di sepanjang karier sepakbola profesionalnya, ia telah mencetak 139 gol dari 455 pertandingan. Ia yang saat ini sudah berusia 46 tahun ini juga pernah membela tim nasional Belanda dengan 6 caps dari tahun 1995 sampai 1999.


6. Denny Landzaat


Denny Landzaat
UEFA

Denny Landzaat adalah mantan pemain sepakbola yang memiliki darah Indonesia dari ibunya yang berasal dari Maluku. terakhir ia membela Willem II di tahun 2014. Pemain yang saat masih aktif bermain berposisi sebagai gelandang bertahan ini telah mencetak 82 gol dari 461 pertandingan sepanjang kariernya. Di timnas Belanda, ia mencetak satu gol dari 38 caps.


5. Roy Makaay


Roy Makaay
FIFA

Mantan pesepakbola yang bernama lengkap Rudolphus Antonius Makaay ini juga memiliki ibu yang berasal Maluku. Saat ini, ia menjabat sebagai pelatih tim junior U-13 Feyenoord.

Semasa masih aktif bermain, ia adalah penyerang yang cukup produktif. Total, sepanjang kariernya, ia telah mencetak 256 gol dari 526 pertandingan., termasuk 78 gol yang ia cetak untuk tim raskasa Bundesliga, Beyern Munchen. Meski demikian, di level tim nasional, ia hanya mencetak 6 gol dari 43 caps.


4. John Heitinga


UEFA

Pemain 33 tahun ini resmi pensiun dari sepakbola profesional setahun yang lalu. John Heitinga mengakui bahwa dirinya memiliki darah indonesia seperti yang ia sampaikan kepada Radio Nederland, "Ayah saya benar berasal dari Indonesia. Dan lahir di Jakarta."

Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini pernah membela timnas Belanda dan mencetak 7 gol dari tahun 2004 sampai 2013.


3. Nigel de Jong


nigel de jong
Sky Sports

Nigel de Jong dikenal sebagai seorang gelandang jangkar yang terkenal keras dan tak kenal kompromi. Yang paling dikenang tentu tendangan karatenya ke dada Xabi Alonso di pertandingan final Piala Dunia 2010 lalu.

Pemain yang saat ini bermain untuk tim asal Turki, Galatasaray, ini memiliki darah Indonesia dari sang ibu. Sementara ayahnya berasal dari Suriname.


2. Radja Nainggolan


Radja Nainggolan
ESPN
Sebagian besar masyarakat Indonesia pastis udah langsung mengenali kalau Radja ini memiliki darah Indonesia dari melihat nama belakangnya. Nainggolan, yang merupakan salah marga bagi suku Batak, diperolehnya dari sang ayah, Marianus Nainggolan.

Bersama AS Roma di musim ini, Nainggolan lebih sering ditempatkan gelandang serang, dan total musim ini ia telah mencetak 12 gol dan lima assist. Bahkan, pemain 28 tahun ini juga beberapa kali ditunjuk sebagai kapten kesebelasan. 


1. Giovanni Van Bronckhorst


Giovanni Van Bronckhorst
Sky Sports

Giovanni Van Bronckhorst bisa dikatakan sebagai pesepakbola keturunan Indonesia terbaik saat ini. Di sepanjang kariernya, ia pernah membela klub-klub besar Eropa seperti Arsenal dan Barcelona. Saat ini, Giovanni Van Bronckhorst menjabat sebagai pelatih Feyenoord Rotterdam.

Pemain yang menjadi kapten timnas Belanda di final Piala Dunia 2010 ini mendapat darah Indonesia dari ibunya, Fransien Sapulett, yang bersal dari Maluku. Sementara itu, ayahnya, Victor van Bronckhorst, juga merupakan blasteran Belanda-Indonesia.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon