Wednesday, September 27, 2017

10 Sungai Terpanjang di Dunia

Tags

Sungai adalah aliran air yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus-menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara). Terdapat begitu banyak sungai yang mengalir di dunia ini, dari yang terpendek sampai yang terpanjang. Dalam kesempatan kali ini, kami telah merangkum 10 sungai terpanjang di dunia.

10. Sungai Amur (4.444 km)



Sungai Amur atau Heilong Jiang adalah sunga yang membentang di perbatasan Timur Jauh Rusia sampai Timur Laut Tiongkok. Sungai ini merupakan simbol penting dalam hubungan geopolitik Tiongkok dengan Rusia.

9. Sungai Kongo (4.700 km)



Sungai yang juga disebut Sungai Zaire adalah sungai yang mengalir melewati hutan hujan terbesar di dunia. Sungai Kongo disebut sebagai sungai terdalam di dunia, dengan kedalaman mencapai 220 meter.

8. Sungai Paraná (4.880 km)



Sungai Paraná adalah sungai di kawasan Amerika Selatan bagian tengah yang terbentang melintasi lima negara sekaligus, yakni Brasil, Paraguay dan Argentina, Bolivia, dan Uruguay.

7. Sungai Ob (5.410 km)



Sungai Ob adalah sunga besar yang terletak di Siberia Barat, Rusia. Sungai yang menduduki peringkat ketujuh sebagai sungai terpanjang ini merupakan sungai yang berada paling barat di antara tiga sungai lain di Siberia yang mengalir ke Samudera Arktik.

6. Sungai Kuning (5.464 km)



Sungai Kuning atau Yellow River atau Sungai Huáng Hé adalah sungai yang berada di Tiongkok bagia utara yang merupakan salah satu pusat kebudayaan Tiongkok bersama Sungai Yangtze di bagian selatan.



5. Sungai Yenisei (5.539 km)



Sungai Yenisei adalah sungai terbesar yang mengalir menuju ke Samudera Arktik dengan panjang total mencapai 5.539 km. Sungai ini dikabarkan telah terkontaminasi pelepasn radioaktif dari sebuah pabrik yang memproduksi plutonium kelas bom di kota rahasia yang sekarang dikenal sebagai Zheleznogorsk.

4. Sungai Mississippi (6.275 km)



Sungai Mississippi adalah sebuah sungai yang bersumber dari Danau Itasca di Minnesota dan bermuara pada Teluk Meksiko. Sungai ini memiliki beberapa anak sungai seperti Sungai Missouri, Sungai Illionis, Sungai Wisconsin, Sungai St. Croix, Sungai Minnesota, Sungai Ohio, dan Sungai Arkansas.

3. Sungai Yangtze (6.300 km)



Sungai yang juga disebut sebagai Long River atau Sungai Panjang ini adalah sungai terpanjang di benua Asia. Bersama Sungai Kuning, sungai ini menjadi pusat kebudayaan kuno Tiongkok yang berada di bagian selatan.

2. Sungai Amazon (6.400 km)



Sungai Amazon adalah sungai terpanjang kedua di dunia, yang terbentang melintasi beberapa negara seperti Brasil, Peru, Bolivia, Kolombia, dan Ekuador. Air yang mengalir di sungai ini merupakan seperlima dari jumlah seluruh air tawar di seluruh dunia.

1. Sungai Nil (6.650 km)



Sungai Nil adalah sungai yang memegang predikat sebagai sungai terpanjang di dunia. Dengan panjang mencapai 6.650, sungai melintasi bebera negara, di antaranya Ethiopia, Zaire, Kenya, Uganda, Tanzania, Rwanda, Burundi, Sudan, Sudan Selatan dan tentu saja Mesir.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon