Wednesday, September 27, 2017

10 Air Terjun Tertinggi di Dunia

Air terjun adalah aliran air melewati jeram hingga air jatuh bebas ke dasar sungai (lereng atau lembah). Air terjun merupakan salah satu kekayaan alam yang sangat indah, yang membuatnya menjadi salah satu tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi. Dari sekian banyak air terjun yang ada, berikut adalah 10 air terjun tertinggi di dunia.

10. Air Terjun Browne (836 meter)



Air Terjun Browne adalah air terjun yang terletak di atas Doubtful Sound, di Taman Nasional Fiordland, Selandia Baru. Air terjun tersebut diberi nama dari seorang fotografer bernama Victor Carlyle Browne, yang menemukan Danau Browne pada tahun 1940-an.

9. Air Terjun James Bruce (840 meter)



James Bruce bukanlah nama resmi dari air terjun tertinggi di kawasan Amerika Utara. Air terjun ini terletak di Princess Louisa Marine Provincial Park di British Columbia, Kanada.

8. Air Terjun Pu'uka'oku (840 meter)



Air Terjun Pu'uka'oku merupakan air terjun yang terletak di di tebing laut yang terjal di pulau Molokai, Hawaii.

7. Air Terjun Balåifossen (850 meter)



Air Terjun Balåifossen adalah air terjun yang terletak di Ulvik, Hordaland, Norwegia. Air terjun kedua tertinggi di Norwegia dan Eropa ini bersumber Sungai Balai.

6. Air Terjun Vinnufossen (860 meter)



Air Terjun Vinnufossen adalah air terjun tertinggi di Eropa dan yang keenam di dunia. Air terjun ini terletak di kota Sunndal, Møre og Romsdal county, Norwegia. Air terjun ini adalah bagian dari sungai Vinnu yang mengalir dari gunung Vinnufjellet sampai ke sungai di dekat desa Hoelsand.

5. Air Terjun Yumbilla (896 meter)



Air terjun ini terletak di dekat kota Cuispes, Amazonas, Peru. Air terjun Yumbilla mulai dikenal secara internasional sejak akhir tahun 2007 ketika Insitut Geografi Nasional Peru (IGN) melakukan survei di daerah ini.

4. Air Terjun Olo'upena (900 meter)



Air Terjun Olo'upena adalah air terjun yang berada di timur laut PUlau Molokai, Hawaii. Air terjun terletak di antara lembah pelekunu dan Wailau.

3. Air Terjun Tres Hermanas (914 meter)



Air Terjun Tres Hermanas atau Air Terjun Tiga Saudari terletak Taman Nasional Otishi di dekat Sungai Cutireni, Peru.

2. Air Terjun Tugela (948 meter)



Air terjun ini terletak di pegunungan Drakensberg di Taman Nasioan Royal Natal, Afrika Selatan. Meski tercatat sebagai air terjun tertinggi kedua, namun ada ergumen bahwa air terjun yang bersumber dari SUngai Tugela ini lebih tinggi dibanding Air Terjun Angel.

1. Air Terjun Angel (979 meter)



Air terjun teringgi di dunia ini terletak di negara Venezuela, Amerika Selatan. Air terjun ini mulai dikenal dunia saat ditemukan oleh seorang penerbang asal Amerika, James Crawford Angel yang pada awalnya berniat mencari lokasi tambang emas pada tahun 1936.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon