Thursday, September 21, 2017

10 Hewan Langka yang Hanya ada di Di Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki kekayaan alam melimpah serta pemandangan alam yang indah. Ada banyak flora dan fauna khas yang hanya bisa ditemukan atau memiliki habitat asli di Indonesia.

Diperkirakan ada lebih dari 397 jenis burung, 165 jenis mamalia, dan lebih dari 150 jenis  reptil serta 100 lebih spesies amfibi merupakan binatang endemik Indonesia. Berikut kami merangkum ada 10 hewan langk yang hanya ditemukan di Indonesia.

10. Kucing Merah Kalimantan



Kucing merah atau Pardofelis badia atau dikenal pula dengan nama Borneo Bay Cat adalah spesies yang endemik di Pulau Kalimantan. Kucing ini memiliki bulu berwarna cokelat kemrahan terang, dengan bagian perutnya berwarna sedikit lebih pucat. Sementara ekornya memiliki garis putih dengan bintik hitam pada ujungnya.

Kucing langka ini hanya bisa ditemukan di Pulau Kalimantan yang berada di hutan rawa, sampai hutan bukit dengan tinggi tidak lebih dari 500 m.

9. Kura-Kura Berleher Ular Pulau Rote



Sesuai dengan namanya, kura-kura ini meamng meiliki leher panjang seperti ular. Kura-kura dengan nama latin Chelodina mccordi ini adalah hewan endemik Indonesia yang hanya bisa ditemukan di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur.

Karena memiliki leher yang panjang, kura-kura ini hanyya bisamelipat lehernya di samping tempurung, tidak bisa memasukkan seluruh leher dan kepalanya ke dalam tempurung.

8. Badak Jawa



Badak Jawa atau badak bercula satu merupakan salah satu dari lima badak yang masih ada. Hewan yang sudah amat langka ini sekarang bisa ditemukan di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten.

Badak ini memiliki cula paling kecil di antara badak-badak yang lainnya. Biasanya hanya setinggi 20-17 cm. Kulitnya memiliki sedikit bulu dan berwarna abu-abu di bagian pundak, punggung, dan pantatnya.

7. Jalak Bali



Jalak Bali atau Leucopsar rothschildi atau biasa disebut juga Curik Bali meruapakan burung endemik Indonesia yang berasal dari suku Sturndiae. Burung ini memiliki ciri-ciri memiliki bulu putih di sekujur tubuhnya kecuali ujung ekor dan sayapnya yang berwarna hitam. Di bagian pipi yang tidak ditumbuhi bulu berwarna biru cerah dengan kaki berwarna keabu-abuan.



6. Orangutan



Orangutan merupakan binatang sejenis kera dengan berlengan panjang dan berbulu kemerahan atau kecoklatan. Hewan ini biasanya ditemukan hidup di hutan hujan di Pulau Kalimantan dan Sumatera. Orangutan dinilai memiliki DNA paling mirip dengan manusia dari semua primata yang ada.

5. Beruang Madu



Beruang madu atau Helarctos malayanus merupakan jenis beruang terkecil dari delapan jenis beruang yang ada di dunia. Sesuai dengan namanya, beruang ini memang mengkonsumsi madu, terkadang juga buah-bahan.

Ciri-ciri beruang ini yaitu bulunya bewarna hitam kecoklatan dan ada sebuah tanda unik di bawah lehernya berwarna jingga.

4. Maleo



Burung Maleo atau Macrocephalon maleo adalah jenis burung yang merupakan satu-satunya burung dalam genus Macrocephalon. Burung endemik Sulawesi ini biasa ditemukan di daerah dataran rendah tropis dan hutan-hutan perbukitan, tetapi biasanya mereka membuat sarang di daerah berpasir, tanah vulkanik atau pantai yang terkena panas sinar matahari.

3. Anoa



Anoa atau sapi hutan adalah hewan endemik Pulau Sulawesi. Ada dua spesies yang masih hidup di Indonesia: Anoa pegunungan (Bubalus quarlesi) dan Anoa dataran rendah (Bubalus depressicornis).

Kedua jenis anoa ini bisa dibedakan dari ukuran tubuh dan bentuk tanduknya. Anoa dataran rendah berukuran relatif lebih kecil dengan ekor lebih pendek dan lembut, serta memiliki tanduk melingkar. Sementara anoa pegunungan lebih besar, berekor panjang, dan berkaki putih, serta memiliki tanduk kasar dengan penampang segitiga.

2. Tarsius Tarsier



Tarsius tarsier atau biasa disebut juga kera hantu/monyet hantu merupakan jenis primata terkecil di dunia, dengan tubuh berwarna cokelat kemerahan dan warna kulit abu-abu, serta memiliki mata yang besar.

Hewan nokturnal ini habitatnya dalah di hutan-hutan Sulawesi Utara dn Sulawesi Selatan, atau di pulau-pulau kecil di sekitar Sulawesi seperti Selayar, Peleng, atau Suwu.

1. Komodo



Komodo atau Varanus komodoensis merupakan spesies kadal terbesar di dunia yang masih bertahan hidup saat ini. Komodo memiliki pajang tubuh mencapai tiga meter dan berat hingga 70 kilogram.

Binatang yang merupakan salah satu maskot Indonesia ini bisa ditemukan di pulau-pulau seperti Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami yang ada di Nusa Tenggara.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon