Tuesday, September 19, 2017

10 Danau Terluas dan Terbesar di Dunia

Tags

Danau adalah cekungan besar alami di permukaan bumi dengan genangan air yang luas dan dikelilingi daratan. Di berbagai daerah, danau merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Di Indonesia sendiri, ada Danau Toba yang menjadi danau terbesar sekaligus danau paling terkenal. Di seuruh dunia, ada danau-danau yang lebih besar lagi, bahkan sampai melewati batas beberapa negara seklaigus. Untuk melihatnya, berikut adalah 10 danau terbesar yang ada di dunia.

10. Danau Great Slave

 


Tidak hanya menjadi danau terbesar ke-10 di dunia, danau ini juga meruakan danau terdalam di Amerika Utara dengan kedalaman mencapai 614 meter. Danau yang berada di wilayah negara Kanada ini memiliki panjang 480 kilometer ddengan luas mencapai 28.930 kilometer persegi.

9. Danau Malawi

 


Di Tanzania, danau ini disebut sebagai Nyasa, dan Lago Niassa di Mozambik. Danau besar ini berada di perbatasan tiga negara sekaligus; Malawi, Mozambique, dan Tanzania.

Sebagai danau terbesar kesembilan dan kedua di Afrika, danau ini memiliki total luas mencapai 30.044 kilometer persegi. Dengan titik terdalam mencapai 706 meter, Danau Malawi memiliki panjang 579 kilometer dan rata-rata kedalaman 292 meter.

8. Danau Great Bear

 


Berada di 200 kilometer sebelah selatan Lingkar Arktik di Wilayah Barat Laut Kanada, Danau Great Bear ini memiliki luas daerah mencapai 31.080 kilometer persegi.

Danau yang memiliki diapit oleh 26 pulau ini pada awalnya bernama Satudene, yang dalam bahasa Chipewyan berarti "beruang grizzly". Saat musim dingin, danau ini biasanya akan membeku.

7. Danau Baikal

 


Danau yang berada di wilayah negara Rusia ini merupakan danau terdalam di dunia, dengan kedalamannya yang mencapai 1.741 meter. Selain itu, danau ini juga merupakan danau dengan jumlah (volume) air tawar terbanyak di dunia (mencapai 20% dari total air tawar di seluruh dunia).

Sebagai danau teruas ketujuh dunia, danau ini memiliki total luas permukaan mencapai 31.500 kilometer persegi. Danau Baikal juga merupakans alahs atu danau tertua yang ada di planet ini, dengan usia yang diperkirakan tidak kurang dari 25 juta tahun.

6. Danau Tanganyika

 


Danau Tanganyika merupakan danau air tawar terpanjang di dunia, dengan panjang mencapai 676 meter. Danau ini terletak di dataran tinggi Afrika, dengan arus masuk air melalui SUngai Ruzizi, Kalamboo, dan Malagarai.

Dengan luas permukaan 32.893 kilometer persegi, danau ini berada di urutan keenam dama daftar danau terluas ini. Danau ini terbentang di berbagai negara seperti Burundi, Tanzania, Zambia, dan Republik Demokratik Kongo.



5. Danau Michigan

 


Danau Michigan merupakan salah satu di anatar Great Lakes yang berada di wilayah Amerika Utara, hanya saja, seluruh permukaan danau ini seluruhnya terletak di Amerika Serikat.

Danau ini memiliki total luas permukaan mencapai 58.016 kilometer persegi, terbesar kelima di dunia dan ketiga di Great Lakes. Danau Michigan memiliki 4.918 kilometer kubik air dengan kedalaman maksimum 281 meter.

4. Danau Huron

 


Berada di perbatasan Michigan (Amerika Serikat) dan Ontario (Kanada), Danau Huron memiliki luas permukaan mencapai 59.596 kilometer persegi. Titik terdalam danau ini adalah 229 meter. Di tengah-tengah danau ini terdapat sebuah pulau bernama Pulau Manitoulin, pulau danau terbesar di dunia.

3. Danau Victoria

 


Danau Victoria adalah danau dengan predikat terbesar di Afrika. Danau ini juga dikenal sebagai Danau Victoria Nyanza atau juga Ukerewe. Danau ini memiliki luas 69,485 kilometer persegi.

Danau yang memebntang di beberaapa negara seperti Kenya, Uganda, dan Tanzania ini relatif tidak terlalu dalam, dengan kedalaman rata-rata hanya 40 meter dan kedalaman makmimum 84 meter.

2. Danau Superior

 


Danau ini adalah danau air tawar dengan luas permukaan terbesar di dunia. Danau ini memiliki luas total 82.414 kilometer persegi. Selain itu, danau ini juga memiliki pajang maksimum mencapai 563 kilometer, lebar 257 kilometer, dan kedalama maksimum 406 meter.

1. Laut Kaspia

 


Inilah danau yang meraih predikat sebagai danau terluas dan terbesar di dunia. Danau ini disebut "laut" karena memiliki ciri-ciri seperti halnya laut, yaitu berair asin, sangat luas, dan dikelilingi daratan berpasi seperti halnya di pantai.

Danau ini membentang di perbatasan Asia dan Eropa (Iran, Kazakhstan, Turkmenistan, Rusia, dan Azerbaijan) sebelah barat daya Pegunungan Ural. Luas danau ini adalah 371.000 kilometer persegi.



Artikel Terkait

1 komentar so far


EmoticonEmoticon