Wednesday, August 9, 2017

10 Stadion Sepakbola Tertua di Dunia

Tags

Stadion merupakan salah satu aspek terpenting dalam sepakbola modern saat ini. Tidak hanya sebagai tempat menggelar pertandingan, bagi tim-tim profesional, stadion juga menjadi salah satu sumber penghasilan klub tersebut.

Stadion-stadion seperti Anfield, Santiago Bernabeu, Old Trafford, Camp Nou, dan stadion-stadion lainnya merupakan contoh stadion yang memiliki sejarah panjang dan menjadi saksi bisu prestasi tim-tim yang menempatinya. Dan berikut akan kami sajikan 10 stadion tertua yang masih aktif sampai saat ini.

10. Hillsborough Stadium - 1899



Stadion ini terkenal dengan insiden tragis yang menewaskan 96 supperter Liverpool pada semi final Piala FA 1989 antara Liverpool melawan Nottingham Forest. Sampai saat ini, hari kejadian itu berlangsung masih terus dikenang, khususnya bagi publik Anfield.

Sampai saat ini, stadion yang berdiri pada 1899 masih tetap digunakan dan menjadi kandang bagi Sheffield Wednesday yang berlaga kasta kedua liga Inggris. Stadion dengan kapasitas 39.732 tempat duduk ini juga merupakan aslaah satu stadion yang digunakan sebagai venue Piala Dunia 1966.

9. Parc Des Princes - 1897



Parc Des Princes merupakan kandang bagi Paris Saint Germian, tim tersukses di Ligue 1 Prancis beberapa tahun terakhir. Stadion ini pada awalnya merupakan stadion multiguna yang digunakan untuk turnamen bersepeda, pertandingan rugby serta sepakbola tentunya. Stadion ini digunakan untuk menggelar pertandingan sepakbola pertama kali padda 26 Desember 1897.

Baru di tahun 1972, track sepeda dihapuskan dan sepenuhnya digunakan sebagai stadion sepakbola dan menjadi kandang bagi PSG.

8. Villa Park - 1897



Di tahun 1897, stadion ini secara resmi digunakan oleh Aston Villa untuk berlaga di liga Inggris. Dengan stadion 42.682 tempat duduk, stadion ini terletak di distrik Witton, kota Birmingham.

Dulu, stadion yang juga pernah digunakan untuk menggelar pertandingan rugby dan tinju ini adalah stadion terakhir yang digunakan untuk menggelar pertandingan final Piala Winners Eropa.

7. Goodison Park - 1892



Goodison Park merupakan kandang bagi salah satu tim tertua di Inggris, Everton. Dibangun tahun 1892, stadion ii telah menggelar banyak pertandingan penting di liga Inggris.

Stadion yang dikenal oleh para pendukung The Toffees sebagai "Si Nyonya Tua" ini memiliki kapasitas 39.572 dan pernah digunakan untuk menggelar beberapa pertandingan di Piala Dunia 1966.

6. Celtic Park - 1892




Didirikan tahun 189, stadion yang terletak di daerah Parkhead glasgow, SKotlandia ini merupakan stadion kebanggan bagi pendukung Celtic. Dengan kapasitas lebih dari 60.000 tempat duduk, stadion ini adalah stadion terbesar dan tertua di Skotlandia yang kli pertam digunakan untuk menggelar pertandingan pada 20 Agustus 1892.

Celtic Park sempat mengalami renivasi besar-besaran pada 1994 sampai 1998 yang hampir membongkar seluruh bangunannya. Saat ini, selain sebagai kadnang bagi Celtic, stadion ini juga digunakan untuk laga internasional bagi timnas Skotlandia di samping Hampden Park.



5. St. James' Park - 1892



Sejak tahun 1892, St. James' Park telah menjadi kandang bagi Newcastle United untuk berlaga di liga INggris. Terletak di North East England dekat Tyne and Wear County, stadion ini memiliki kapasitas 52.405 tempat duduk.

Di tahun 2011, stadion ini sempat diganti sementara dengan nama Sports Direct Arena untuk alasan sponsor.

4. Anfield - 1884



Pada awalnya, Anfield merupakan kandang bagi Everton sampai tahun 1892. Namun karena perselisihan politik dan masalah persewaan menyebabkan keretakan pihak klub Everton dengan John Houlding selaku pemilik stadion.

Setelahnya, John Houlding mendirikan klub baru, Liverpool FC, untuk menggunakan stadion ini dan membuat Everton pindah ke Goodison Park yang berjarak kurang dari 1 kilometer dari Anfield.

Sejak saat itu, Anfield. menjadi saksi kesuksesan The Reds mereaih berbagai gelar. Dengan empat stand ini awalnya hanya berkapasitas 45.000 penonton, namun pada tahun 2016 direnovasi dan menambah kapasitasnya menjadi 54,074.

3. Stamford Bridge - 1877



Stamford Bridge pada awalnya digunakan oleh London Athletics Club sampai tahun 1905, sampai pemilik baru stadion itu, Gus Mears,, mendirikan klub baru dan diberi nama Chelsea FC.

Terletak di Fulham, London, stadion yang juga pernah digunakan sebagai venue pertandingan rugby dan kriket memiliki kapasitas 41.789 tempat duduk.

2. Sandygate Road - 1860



Sandygate Road tercatat sebagai stadion tertua di dunia versi Guinnness Boook of World Record. Tapi ketika berbicara tentang stadion sepakbola tertua, stadion yang menjadi kandang bagi Hallam FC ini berada di urutan kedua.

Pertandingan pertama yang dimainkan di lapangan ini adalah pada tanggal 26 Desember 1860 antara Hallam FC dan Sheffield FC. Terletak di pinggiran Sheffield Crosspool, Yorkshire, Inggris, stadion ini memiliki kapasitas tempat duduk total hanya 700 orang.

1. Bramall Lane - 1855



Sebagai stadion tertua yang masih aktif sampai saat ini, Bramall Lane merupakan kandang bagi Sheffield United. Didirkan pada 1855, stadion ini awalnya digunakan untuk pertandingan kriket namun dialihfungsikan menjadi stadion sepakbola.

Setelah mengalami beberapa renovasi, Bramall Lane saat ini memiliki kapasitas 32.702 tempat duduk.




Artikel Terkait


EmoticonEmoticon