Thursday, May 4, 2017

Inilah 10 Istana Terbesar di Dunia

Tags

10. Royal Palace of Madrid, Spanyol



Istana Kerajaan Madrid yang memiliki nama resmi Palacio Real de Madrid ini adalah kediaman resmi bagi keluarga Kerajaan Spanyol, meskipun hanya digunakan untuk upacara kenegaraan. Istana ini memiliki jumlah ruangan mencapai 3.418, dan luas lantai secara keseluruhan mencapai 135.000 m2.

9. Malbork Castle, Polandia



Meski pada awalnya dibangun sebagai benteng oleh Kesatria Teutonik, sebuah ordo religius Katolik Roma yang berasal dari Jerman, kastil Malbork ini selanjutnya digunakan sebagai salah satu kediaman bagi kerajaan Polandia zaman dahulu. Pada saat ini, istana ini digunakan sebagai tempat pameran dan museum. Dengan luas lantai mecapai 143.000 m2, istana ini merupakan istana terbesar ke-9 di dunia.

8. Forbidden City, Tiongkok



Forbidden City atau Kota Terlarang adalah istana kekaisaran China dari dinasti Ming sampai dinasti Qing (tahun 1420 sampai 1912). Istana ini terletak di pusat kota Beijing dan pada zaman dahulu berfungsi sebagai kediaman bagi kaisar-kaisar dan seluruh keluarga mereka, serta merupakan pusat politik pemerintah China. Istana ini terdiri dari 980 bangunan dengan luas lantai sekitar 150.000 m2.

7. Apostolic Palace, Vatikan



Istana Apostolik adalah kediaman resmi bagi Paus, pimpinan tertinggi bagi Gereja Katolik di seluruh dunia. Kompleks istana ini terdiri dari Apartemen kepasusan,  kantor pemerintahan Gereja Katolik, beberapa kapel, museum dan perpustakaan. Dengan jumlah ruangan yang mencapai 1000, siatan ini memiliki luas lantai total mencapai 162.000 m2.

6. Istana Nurul Iman, Brunei Darussalam



Istana Nurul Iman merupakan kediaman resmi bagi Sultan Brunei, Hassanal Bolkiah, serta tempat bagi perangkat pemerintahan Brunei. Istana ini selesai pada tahun 1984 dan menghabiskan biaya sebesar 1,5 dolar AS. Ketika selesai dibangun, istana ini merupakan hunian terbesar di dunia dan tempat tinggal keluarga tunggal tersebsar yang pernah di bangun di dunia. Istana memiliki luas sekiat 200.000 m2.

5. Rashtrapati Bhavan, India



Istana ini dahulunya dikenal sebagai Viceroy's House, Rashtrapati Bhavan merupakan kediaman resmi bagi Presiden India. Terletak di ujung barat Rajprath di New Delhi, istana ini memiliki luasa lanta mencapai 200.000 m2, yang menjadikannya sebagai istana terbesar kelima di dunia.

4. Ak Saray, Turki



Ak Saray merupakan kompleks istana kepresidenan Turki yang terletak di atas sebuah bukit di pinggiran ibukota, Ankara. Istana ini meiliki 1.150 ruangan, beberapa rumah bagi para tamu, taman botani, ruangan dengan sistem komunikasi satelit dan militer, bunker yang mampu menahan serangan senjata biologis (baik nuklir maupun kimia), serta pusat taman dan kongres. Secara keleuruhan isatan ini memiliki luas sekitar 202.343 m2.

3. Louvre Palace, Prancis



Pada awalnya, istana Louvre adalah sebuah benteng yang dibangun pada abad pertengahan, dan menjadi istana kerajaan pada abad ke-14 di bawah kekuasaan Charles V. Selain itu, istana ini juga sering digunakan sebagai kediaman utama anggota keluarga raja-raja Prancis di Paris. Pada saat ini, istana dnegan luas area 210.000 m2 ini sebagian besar bangunan dari istana ini digunakan sebagai museum.

2. Hofburg Palace, Austria



Istana Hofburg dibangun pada abad ke-13 dan pada zaman dahulu menjadi istana kekaisaran yang menampung beberapa orang terkuat dalam sejarah Austria maupun Eropa, termasuk raja-raja dari dinasti Habsburg, penguasa Kekaisaran Austo-Hungara. Istana ini memiliki 2.600 ruangan dan luas mencapai 240.000 m2.

1. Palace of the Parliament, Romania



Istana yang dlam bahasa lokal bernama Palatul Parlamentului ini terletak di pusat kota Bukares dan merupakan gedung parlemen Rumania. Menurut buku rekor dunia Guiness, istana ini tercatat sebagai bangunan administrasi sipil terbesar di seluruh dunia. Luas total dari istana ini adalh mencapai 330.000 m2.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon