Wednesday, April 26, 2017

10 Pulau Teraneh yang Ada di Dunia

Pulau adalah sebuah daratan yang dikelilingi oleh air atau laut. Ada banyak sekali pulai di dunia ini, dari yang paling besar seperti Greenland sampai pulau-pulau kecil tak bernama nama. Di antara jutaan pulau di dunia ini, ada beberapa pulau yang tergolong unik dan aneh. Berikut adalah 10 di antara pulau-pulau ternaeh yang pernah ada.


1. Pulau Sokotra/Soqotra, Yaman


Yaman

Yang paling menarik dari pulau ini adalah karena banyak tetumbuhan maupun hewan yang ada di pulau ini tidak bisa ditemukan di tempat mana pun selain di pulau ini. Pulau yang masih berada dalam wiayah negara Yaman ini ini berada di Samudra Hndia, di sebelah timur Tanduk Afrika.

Sebagai tempat yang terisolasi, pulau ini memiliki 1142 spesies endemik, baik flora maupun fauna, 100 di antaranya berada di Pegunungan Haghier. Satu di antara tumbuhan paling terkenal adalah pohon Dracaena Cinnabari atau Pohon Suji Duri yang memiliki getah merah (kadang disebut juga darah naga). Sementara untuk fauna, ada banyak spesies burung yang merupakan endemik Sokotra.

2. Pulau Alcatraz, AS


Alcatraz

Pulau Alcatraz adalah sebuah pulau yang berada di Teluk San Francisco, Caifornia, AS. Alcatraz dikenal dunia sebagai penjara dengan penjagaan paling ketat dan keras di dunia. Sudah banyak para penjahat kelas kakap yang dijebloskan ke pdalam penjara itu, seperti Al Capone, Robert Franklin Stroud, dan Alvin Karpis.

Tempat yang awal dibangunnya digunakan sebagai instalasi militer itu kini telah tidak digunakan sebagai penjara lagi sejak tahun 1963. Saat ini pulau menjadi pulau yang terkenal kenagkerannya. Sudah banyak orang yang mengaku melihat makhluk tak kasat mata di tempat itu.


3. Pulau Paskah, Chili


Easter Island

Pulau ini masuk ke dalam wilayah Provinsi Valparaiso, Chili. Yang paling tekenal dan meraik dari pulau ini adalah terdapat banyaknya patung-patung berjenis monolitis yang diberi nama Moai. Patung-patung ini diperkirakan berusia 400 tahun. Sampai saat ini, masih belum dipastikan bangsa apa dan untuk apakah patung-patung tersebut.

4. Pulau Tashirojima, Jepang


Tashirojima

Tashirojima adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Ishinomaki, Miyagi, Jepang. Paulau ini lebih dikenal sebagai pulau kucing karena banyaknya kucing liar yang ada di pulau ini. Bahkan jumlah kucing yang ada di pulau ini melebihi jumlah penduduk yang tinggal di sana. Dan dari sekitar 100 orang yang ada di pulau itu, 83% didominasi oleh lansia.

5. Pulau Boneka, Meksiko


La Isla de las Muñecas

Pulau yang terletak di Meksiko ini dalam bahasa Spanyol disebut La Isla de las Muñecas. Sesuai dengan namanya, di pulau ini memang terdapat banyak boneka yang bergantungan di pohon-pohon di pulau itu. Diketahui pulau itu adalah milik Don Julian Santana, yang mengoleksi boneka-boneka yang ia pungut dari tempat sampah atau dari aliran sungai.





6. Pulau Hashima, Jepang


Hashima

Dalam bahasa Jepang, Pulau Hashima dapat diartikan sebagai Pulau Perbatasan. Sementara itu, pulai ini juga sering disebut dengan Gunkanjima atau Pulau Kapal Perang. Disebut demikian, karena apabila dilihat dari tempat yang agak jauh, pulau yang menjadi wilayah Prefektur Nagasaki ini memang menyerupai sebuah kapal perang.

Pada awalnya, pulai ini digunakan sebagai tempat untuk menambang batur bara yang berada di dasar laut di sekitar pulau. Di tempat ini dibangun juga apartemen untuk para pekerja. Tetapi, seiring berjalannya waktu, batu bara tergantikan oleh oleh kehadiran mniyak bumi yang membuat tambang batu bara ditutup dan tidak dihuni lagi di tahun 1960.

7. Palm Islands, Uni Emirat Arab



Palm Islands adalah kepulauan yang terletak di Dubai, Uni emirat Arab yang terdiri dari beberapa pulau buatan yang dibentuk menyerupai pohon palem. Kepulauan yang diciptakan oleh Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum ini adalah kepulauan buatan terbesar yang ada di dunia, yang bertujuan untuk meningkatkan daya tarik wisatawan mancanegara di Dubai.

8. Pulau Gaiola, Italia



Pulau Gaiola atau dalam bahasa Italia disebut dengan Isola La Gaiola ini adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Naples, Italia. Pualau ini sempat menjadi destinasi wisata karena keindahan pemadangan yangada di sana. Akan tetapi, pulau ini kemudian mulai ditinggalkan karena dianggap berhantu.

9. Pulau Monuriki, Fiji


Fiji

Pulau Monuriki merupakan salah satu pulau terindah di antara beberapa pulau yang ada di Fiji. Pulau tak berpenghuni yang terletak di Samudra Pasifik ini bahkan sempat dijadikan syuting film Hollywood yang dibintangi oleh Tom Hanks, Cast Away.

10. Pulau Okunoshima, Jepang


Okunoshima


Kalau di Pulau Tashirojima terdapat banyak sekali, maka di pulau lain yang ada di Jepang, Pulau Okunoshima, terdapat banyak sekali kelinci yang ada di sana.

Dahulu, kelinci-kelinci itu dijadikan sebagai bahan percobaan untuk mengetes apakah pulau yang sebelumnya digunakan sebagai tempat pembuatan senjata kimia itu layak dihuni atau tidak. Dan ternyata, tidak terjadi apa-apa dengan kelinci tersebut, bahkan kini di pulau terdapat banyak sekali kelinci yang tumbuh dan berkembang biak.







Artikel Terkait


EmoticonEmoticon