Monday, September 25, 2017

10 Mangaka Paling Populer di Dunia

Tags


Mangaka adalah sebutan untuk orang yang menggambar manga atau komik Jepang. Istilah mangaka ini sama halnya dengan sebutan komikus. Pekerjaan mangaka sudah menjadi pekerjaan yang banyak digeluti oleh orang-orang Jepang, seiring dengan populernya manga, tidak hanya di dalam negeri bahkan di seluruh penjuru dunia.

Kamu mungkin mengernal beberaa komik populer seperti Naruto, One Piece, Dragon Ball, Attack on Titan, dll. Tetapi tahukan kamu siapa orang di balik terciptanya gambar-gambar dan cerita-cerita bagus tersebut. Berikut kami merangkum 10 mangaka paling populer di dunia.

10. Takeshi Obata


Amino

Pria kelahitan Niigata, 11 Februari 1969 (48 tahun) ini adalah penggambar dari beberapa komik populer. Ia biasanya berkolaborasi dengan beberapa penulis dalam satu judul manga. Di antaranya adalah Hikaru's Go yang dibuatnya bersama Yumi Hotta, serta Death Note dan Bakuman yang dibuat bersama Tsugumi Ohba.

9. Takahashi Rumiko


Amino

Wanita kelahiran Niigata 10 Oktober 1957 ini adalah orang di balik beberapa karya populer dan legendaris seperti Urusei Yatsura, Ranma 1/2, Inuyasha, dll. Manga-manga buatannya cukup populer dan dikenal oleh anak-anak era 90-an.

8. Kazuki Takahashi


Pic Query

Pria kelahiran Tokyo 4 Oktober 1961 ini adalah pembuat manga populer, Yu-Gi-Oh!. Di Indonesia serial anime Yu-Gi-Oh! menjaid sangatlah populer, bahkan anak-anak sampai mengoleksi kartu-kartuny untk dimainkan bersama.

7. Tite Kubo


Amino

Tite Kubo adalah pencipta manga yang juga populer di dunia, Bleach, yang terbit di majalah mingguan Weekly Shonen Jump. Komik ini terbit pertama kali tahun 2001 dan berakhir tahun 2016.

6. Yoshito Usui


Pagegraphy

Salah satu kartun atau anime yang paling populer di Indonesia adalah Sinchan. Anime ini merupakan adaptasi dari manga atau komik karya Yoshito Usui. Pada tahun 2009, pria ini meninggal di usia ke-51 tahun.



5. Akira Toriyama


Alchetron

Akira Toriyama adalah pencipta salah satu manga paling populer lainnya, Dragon Ball. Selain Dragon Ball, pria kelahiran 5 April 1955 ini juga banyak menciptakan banyak komik lainnya seperti Dr. Slump, Dragon Quest, Chrono Trigger, dll. Toriyama juga dianggap sebagai mangaka yang banyak memengaruhi seniman-seniman manga setelahnya.

4. Fujiko F. Fujio


Bila ditanya apa serial anime paling melegenda di dunia, jawabannya tentu saja Doraemon. Serial manga Doraemon ini dibuat oleh duo mangaka bernama Hiroshi Fujimoto dan Motoo Abiko yang memiliki nama pena Fujiko F. Fujio.

Komik Doraemon ini dimulai sejak tahun 1969 sampai berhenti pada tahun 1996, beberapa bulan sebelum meninggalnya Hiroshi Fujimoto.

3. Aoyama Gosho


Twinavi

Pria 54 tahun adalah pencipta serial komik detektif terkenal, Detective Conan, yang menjadi sangat populer di seluruh dunia. Sampai saat ini pun, baik manga dan animenya masih berjalan, dan tetap laris di pasaran.

2. Masashi Kishimoto


Comic Soon

Masashi Kishimoto adalah orang di balik salah satu manga paling populer di kalangan anak-anak di Indonesia, Naruto. Komik itu sendiri pertama kali terbit tahun 1999, sampai berhenti di tahun 2014 dengan 72 volum dan terjual sekiat 22o juta kopi.

1. Eiichiro Oda


Yibada

Siapa yang tidak mengenal One Piece? Sebuah serie manga dan anime paling populer di dunia yang masih bertahan sampai saat ini. Tahukah kamu siapa orang di balik manga bajak laut itu? Orang itu adalah Eiichiro Oda.

Pria kelahiran 1 Januari 1975 (42 tahun) ini lahir Kumamoto dan mpertama kali mengirimkan karyanya yang berjudul "Wanted" di usia 17 tahun, di mana ia berhasil memenagkan berbagai penghargaan. Dua tahun setelahnya, ia sempat menjadi asisten Nobuhiro Watsuki dalam pengerjaan Rurouni Kenshin.

Karya fenomenalnya, One Piece, sendiri terbit pertama kali pada tahun 1997. Sampai saat ini, komik itu menjadi komik dengan penjualan paling banyak di antara yang lain.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon