Monday, May 1, 2017

10 Kereta Api Tercepat di Dunia

Tags

Kereta api adalah alat transportasi paling populer di dunia. Di negera-negara maju, kereta api menjadi pilihan utama untuk bepergian, karena waktu perjalanan yang dibutuhkan relatif lebih cepat. Saat ini, banyak negara maju yang seolah berlomba-lomba menciptakan kereta yang paling cepat. Berikut adalah 10 kereta api tercepat yang ada di dunia saat ini.


10. Velaro E



Kereta Velaro E ini dikembangkan oleh Siemens Velaro dan dioperasikan oleh perusahaan kereta api asal Spanyol, RENFE. Kecepatan tertinggi yang bia dicapai oleh kereta ini adalah 251 mil per jam, yang menjadi rekor kereta tercepat di Spanyol.


9. ICE V



ICE V atau dikenal juga sebagai Intercity Experimental awalnya adalah proyek penelitian yang didanai pemerintah untuk mengeksplorasi kelayakan transit kereta api berkecepatan tinggi di Jerman. Di tahun 1988, kereta ini membuat rekor kecepatan kendaraan darat terbaru untuk kendaraan rel dengan kecepatan mecnapai 253 mil per jam.


8. LIMRV



LIMRV atau Linear Induction Motor Research Vehicle adalah kereta yang dilengkapi dengan turbin gas 3000 tenaga kuda untuk menyalakan motor induksi linear. Selain itu kereta ini dilengkapi juga dengan mesin jet J52 untuk menghasilkan tenaga yang lebih tinggi lagi. Di tahun 1974, LIMRV membuat rekor sebagai kendaraan terceoat di rel konvensional pada saat itu.

7. Aérotrain I80



Aérotrain I80 dibangun oleh insyinyur asal Prancis, Jean Bertin. Kereta ini memecahkan rekor sebagai kereta tercepat di tahun 1974 dengan kcepetan maksimunya mencapai 267 mil per jam. Meski demikian, kereta ini tidak pernah digunakan secara komersial karena kurangnya dana serta meninggnya Jean Bertin di tahun 1977. Biar bagaimanapun, kereta ini dasar dari kerta maglev pada tahun-tahun berikutnya.


6. CRH380A



Kereta CRH380A ini pertama kali beroperasi di akhir tahun 2010 dan menjadi satu-satunya lokomotiv dengan desain atau teknologi asing. Kecepatan maksimum yang bisa dicapai kereta ini adalah 302 mil per jam. Akan tetapi, setelah terjadi tabrakan parah di tahun 2011, Kementrian Perkeretaapian Tiongkok mengurangi kecepatan maksimumnya menjadi hanya 186 mil per jam.

5. Shanghai Maglev Train


Shanghai Maglev Train yang pertama kali beroperasi di tahun 2004 ini adalah kereta levitasi magnetik di dunia. Kereta ini juga merupakan kereta pertama yang dikembangkan oleh produsen asal Jerman, Trasrapid. Kereta SMT ini maksimum bisa mencapai kecepatan hingga 311 mil per jam.


4. Transrapid 09



Transrapid 09 adalah kereta maglev paling baru dan paling modern yang dikembangkan oleh Transrapid. Pada seri 09-nya, kereta ini mampu mencapai kecepatn hingga 311 mil per jam. Selain itu, kereta ini bisa mempercepat dan melambat dalam waktu singkat .

3. TGV POS



DI tahun 2007, kereta modifikasi TGV POS mencatatkan rekor sebagai kendaraan tercepat yang berjalan di rel konvensional dengan keceptan maksimum mencapai 357 mil per jam. Versi kereta yang tidak dimodifikasi kereta ini beroperasi dari Prancis hingga ke Swiss, dengan kecepatan maksimunya 200 mil per jam.

2. JR-Maglev MLX01



Kereta ini mampu mencapai kecepatan 363 mil per jam dalam 27 mil trek percobaan di Yamanishi, Jepang. Kereta eksperimental JR-Maglev MLX01 ini memecahkan rekor kecepatan tertinggi untuk kendaraan di atas rel. Rekor ini bertahan selama 12 tahun sampai terpecahkan oleh kereta maglev lain di tahun 2015 pada trek ang sama.


1. SCMaglev L0 Series



Dengan kecepatan yang bisa mencapai 374 mil per jam, kereta api levitasi magnetik ini tidak hanya menjadi kereta tercepat di dunia, tetapi juga mendapat predikat sebagai kendaran paling tecepat di planet ini. Meski demikian, kereta SCMaglev L Zero masih berada dalam masa percobaan dan belum resmi digunakan secara komersial.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon